Unsam Gelar Pelepasan Mahasiswa MSIB Batch 2 Universitas Samudra Tahun 2022

330

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan acara Pelepasan Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 Universitas Samudra Tahun 2022, bertempat di Aula Gedung PGSD Kampus Meurandeh, Selasa (22/2/2022).

Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat ( MSIB ) merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) dari Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkegiatan atau merasakan pengalaman belajar di luar kampus selama kurang lebih 3 semester atau mengikuti 20 SKS di luar kampus, dimana selama kegiatan berlangsung mahasiswa akan mendapatkan pembiayaan dari kementerian dan akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari perusahaan dimana mahasiswa tersebut melakukan magang.

Acara Pelepasan Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 2 Tahun 2022 tersebut dimulai pada 09.00 wib.

Firdasari, ST,MT selaku PIC MSIB Unsam melaporkan bahwa mahasiswa yang lulus dalam Program MSIB Tahap 2 Tahun 2022 sebanyak 30 orang, yaitu dari Teknik Informatika 8 orang, Prodi Budidaya Perairan 6 orang, Prodi Matematika 5 orang, Teknik Sipil 3 orang, Pendidikan Geografi 1 orang, Teknik Industri 3 orang, Agroteknologi 1 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 1 orang, Prodi Fisika 1 orang, dan Prodi Hukum 1 orang.

Sedangkan mitra yang ikut serta dalam menerima mahasiswa MSIB Batch 2 Universitas Samudra Tahun 2022 yaitu PT. Marka Kreasi Persada menerima 7 mahasiswa, Universitas Terbuka menerima 7 mahasiswa, PT. Suri Tani Pemuka menerima 6 mahasiswa, PT. Ruang Raya Indonesia menerima 4 mahasiswa, Direktorat Jenderal Tata Ruang menerima 1 mahasiswa, PT. Presentologics menerima 1 mahasiswa, PT Dwi Inti Putra menerima 1 mahasiswa, Yayasan Hasnur Centre menerima 1 mahasiswa, Yayasan Adipurna Inovasi Asia menerima 1 mahasiswa, dan PT. Zona Edukasi Nusantara menerima 1 mahasiswa. Peserta akan ditempatkan dibeberapa provinsi di Indoensia seperti Pulau Kalimantan, Pulau Jawa di Banyuwangi, Jawa Timur dan beberapa lagi mengikuti program secara daring.

PIC MBKM Unsam pada kesempatan ini juga mengatakan bahwa pencapain kelulusan mahasiswa dalam program MSIB tersebut tidak terlepas dari dukungan Rektor, para Wakil Rektor, para Pimpinan Fakultas dan para Koordinator Program Studi serta seluruh civitas akademika Unsam serta kerja keras Tim MBKM melalui beberapa kegiatan sebelum mengikuti seleksi MSIB seperti Sosialisasi dan Workshop, diantaranya menghadirkan pembicara dari trainer Tanda Seru Indonesia, Pendampingan dan pelatihan dan Sharing session dengan Subpokja MSIB Kemendikbudristek dan berharap semua peserta dapat mengikuti program magang sampai selesai.

“Alhamdulillah mahasiswa Unsam memperoleh urutan ketiga paling banyak se-Aceh yang lulus MSIB Batch 2 Tahun 2022 yaitu sebanyak 30 orang, pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan Rektor, para Wakil Rektor, para Pimpinan Fakultas dan para Koordinator Program Studi serta seluruh civitas akademika Unsam serta kerja keras Tim MBKM, harapannya agar mahasiswa yang mengikuti kegiatan MSIB dapat selesai sampai akhir program tanpa ada hambatan, dapat memperoleh sertifikat dan konversi 20 SKS sehingga dapat mendukung pencapaian IKU,”imbuhnya

Rektor Universitas Samudra, Dr.Ir.Hamdani,M.T diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsam Dr. Muhammad Zulfri, ST, MM, MT dalam arahannya memberikan apresiasi atas pencapaian mahasiswa dan Tim MBKM Unsam dan akan terus mendukung dan menyahuti kinerja yang dilakukan oleh PIC dan Tim MBKM untuk kepentingan mahasiswa magang, dan berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi besar bagi mahasiswa dan Universitas.

“Selamat kepada mahasiswa, kelulusan mahasiswa dalam program ini merupakan sebuah hal yang luar biasa dari tahun sebelumnya dan alhamdulillah apresiasi dari kami atas hasil kerja bapak/ibu dosen terutama Tim MBKM dan PIC yang telah memberikan kontribusi besar terkait dengan kelulusan mahasiswa dalam menyahuti program kemendikbudristek yang bertujuan agar mahasiswa memiliki ketrampilan dasar dan punya skill profesional agar lebih mapan nantinya saat terjun dalam dunia usaha dunia industri. Dan sebagai mahasiswa harus realistis dan optimis dengan kondisi kekinian,”jelas Wakil Rektor.

“Dan harapan bapak Rektor kegiatan MBKM terus didukung tidak hanya oleh para dosen dan PIC tetapi mampu disahuti oleh lembaga khusus yang telah dibentuk beberapa bulan yang lalu untuk kepentingan peningkatan IKU Universitas seperti yang ditentukan Kementerian, seperti yang disampaikan bahwa Unsam mencapai posisi ketiga di Aceh dalam jumlah kelulusan terbanyak dalam program MSIB Tahap 2 Tahun 2022 ini prestasi yang patut kita dukung untuk pengembangan Universitas ke depan,” tambah Wakil Rektor.

Dalam kesempatan ini juga Dr.Muhammad Amin, ST, MT selaku Ketua Pelaksana Program MBKM Unsam dalam sambutannya mengutarakan bahwa kelulusan 30 orang mahasiswa dalam program MSIB Tahap 2 ini merupakan prestasi bagi mahasiswa dan Unsam dibandingkan dengan jumlah kelulusan program MSIB di Tahap pertama yaitu hanya 2 mahasiswa. Dan berharap melalui kegiatan magang yang akan dilakukan mahasiswa dapat terus meningkatkan prestasinya, dengan memperoleh informasi baru, ilmu pengetahuan baru, serta mengikuti dan mematuhi prosedur perusahaan Insyaallah kita berharap dipanggil di perusahan tersebut setelah selesai menjadi sarjana. Beliau mengucapkan terima kasih atas support pimpinan yang telah mendukung kegiatan MBKM tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Pelepasan secara simbolis kepada peserta yang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan diberikan pembekalan program MSIB yang dipresentasikan oleh Dr. Muhammad Fuad (Koordinator Pusat Pengembangan Karir dan Bisnis Unsam).

Acara tersebut diikuti oleh seluruh peserta dan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala UPT, Ketua LPPM dan PM, Ketua MBKM , dan para PIC MBKM di lingkungan Universitas Samudra. (Hms Unsam/AA)