Bupati Pasaman Sabar AS ” Ikuti Upacara Hari Otonomi Daerah ke 28 di Balai Kota Surabaya Dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian

89

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Halaman Balai Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur menjadi tempat dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII 2024 yang langsung dihadiri dipimpin oleh Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian, Kamis (25/4/2024).

Hal ini disampaikan Sabar AS saat dihubungi awak media melalui pesan Whatsapp usai ikuti pelaksanaan Upacara.

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024 dengan tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat, “sebut Sabar AS.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasaman Bupati Sabar AS mengucapkan “Selamat HUT Otonomi Daerah ke 28 Tahun 2024, Sukses Otoda melalui Kepemimpinan Kepala Daerah dan DPRD, maupun Kapasitas Pemerintah Daerah dalam mengeksekusi pembangunan daerah, serta adanya Partisipasi dan kontrol masyarakat untuk pembangunan yang berkelanjutan, peningkatan kesejahteraan rakyat,”Ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Sabar AS bahwa Dalam rangkaian upacara, Presiden Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan atau tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha tahun 2024 kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama 13 kepala daerah lain di Indonesia. Tanda kehormatan itu diberikan diserahkan langsung oleh Bapak Mendagri Tito Karnavian,”Ucapnya.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian mengatakan bahwa ujung akhir dari otonomi daerah adalah memberikan kesempatan dengan tambahan kewenangan agar pemerintah daerah mampu mencari terobosan, agar mendapatkan pemasukan untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“PAD yang tinggi akan dapat membiayai pembangunan daerah masing-masing, kemudian dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah masing-masing,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Oleh sebab itu, dalam momentum peringatan Hari Otoda 2024, dia mengajak seluruh kepala daerah di Indonesia untuk melakukan introspeksi, dan evaluasi guna meningkatkan inovasi dan terobosan lainnya. “Apalagi saat ini musim Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), maka penyusunan APBD yang benar, dan perencanaan yang benar itu akan menyumbang 70 persen keberhasilan otonomi daerah,” imbuhnya.

Di akhir, ia berharap agar seluruh pemerintah daerah terus melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD.

“Selamat untuk perayaan Hari Otonomi Daerah XXVIII 2024, bagi pemerintah daerah (pemda) ini adalah hari yang terbesar untuk jajaran pemda. Mari kita bekerja lebih baik, melangkah lebih baik untuk Indonesia yang lebih baik,” Ujar Mendagri Tito Karnavian.

Seusai pelaksanaan upacara, Kemendagri juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 29 Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan pemerintah daerah yang berkinerja tinggi. Piagam penghargaan itu merupakan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) secara nasional Tahun 2023 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi dan kabupaten/kota Tahun 2022,”Tutupnya. (Tim/AP)

Artikulli paraprakDekatkan Diri, Sat Binmas Polres Tebing Tinggi Silaturahmi Kepada Masyarakat
Artikulli tjetërAnggota DPRD Fauzan: Rotasi Jabatan ASN di Pemkot Tangerang Harus Sesuai Skill