Bupati Sergai Dukung Lantamal I Belawan Kembangankan Kampung Bahari Nusantara

174

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Dukungan penuh disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya saat menerima audiensi pihak Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, yang digelar di Ruang Rapat Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (22/2/2022).

Dukungan ini ditujukan bagi rencana Lantamal I Belawan yang berencana membuat Kampung Bahari Nusantara yang diproyeksikan berdiri di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

“Meski tergolong sebagai kabupaten yang masih berusia muda, namun Sergai dianugerahi dengan kekayaan dan potensi yang luar biasa, termasuk dalam aspek sumber daya alam dan pariwisata,” ucap Bupati.

Bupati menceritakan, beberapa waktu yang lalu Pemkab Sergai mengundang seluruh kepala daerah se-Sumatera Utara untuk menjajal dan menikmati berbagai atraksi wisata yang ada di Sergai seperti arung jeram, off-road, wisata kuliner, dan sebagainya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak dan Ibu dari Lantamal yang sudah meringankan langkah hadir kemari dengan membawa rencana yang sangat baik untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di Sergai,” ucapnya.

Kehadiran pihak Lantamal yang membawa “oleh-oleh” rencana pengelolaan potensi pariwisata ini, disebut Bupati sejalan dengan komitmen Pemkab Sergai yang saat ini juga sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan di berbagai sektor, meski di tengah usaha percepatan penanganan pandemi.

Bagi Bupati, kolaborasi dan sinergitas keinginan kedua pihak untuk memajukan Sergai akan berdampak sangat luar biasa kedepannya.

“Banyak aspek yang bisa kita gali lagi dari rencana ini, seperti peningkatan kualitas SDM, UMKM, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Dengan niatan dan kemauan yang tinggi, Insya Allah rencana ini bisa terealisasi dengan baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama Achmad Wibisono, menyampaikan jika rencana ini bertujuan untuk mendukung pengem bangan kawasan wisata yang ada di Sergai khususnya di wilayah pesisir Sergai.

“Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan persiapan dan pembenahan yang matang. Mulai dari mempersiapkan SDM yang kompeten, melaksanakan edukasi, meningkatkan aspek kesehatan dan ini juga akan berdampak terhadap pertahanan negara mengingat Kecamatan Tanjung Beringin memiliki koneksi dengan salah satu Pulau Terluar di Indonesia yaitu Pulau Berhala,” ucapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Asisten Ekbangsos Drs. Nasrul Azis Siregar, Kadis Perikanan dan Kelautan, Klaudia Evinta Siregar, SKM, M.Kes, Camat Tanjung Beringin, Elmiati, Sekretaris PMD, Sariful Azhar dan perwakilan Lantamal I Belawan. (AfGans)