Kodim 0117/Aceh Tamiang Laksanakan Kegiatan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial (BINKOM AGHT)

105

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Kodim 0117/Aceh Tamiang Laksanakan Kegiatan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial (Binkom) AGHT (ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan) dengan tema “Sinergitas komponen masyarakat dalam mencegah koflik sosial” bertempat di Aula Makodim 0117/Atam Jln. Lintas Medan-Banda Aceh, Desa. Sungai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (11/04/2022).

Kata sambutan Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Ranchmad Purnamasidi, SIP, M. Si., Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa, karena atas limpahan rahmat dan ridho-nya, pada hari ini kita dapat menghadiri acara Binkom AGHT cegah konflik sosial di Aula kodim 0117/Atam dalam keadaan sehat wal ’afiat, shalawat dan salam mari kita sanjung sajikan kepada junjungan kita nabi besar muhammad saw.

Negara kita Indonesia merupakan suatu bangsa yang banyak memiliki keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya pada satu sisi merupakan suatu kekayaan bangsa yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat, namun pada sisi yang lain kondisi tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan nasional apabila terdapat ketimpangan pembangunan, kesenjangan sosial dan ekonomi serta tidak terkendalinya kehidupan dinamika di negeri ini.

Negara kita ini rentan akan konflik sosial bahkan bisa membahayakan persatuan dan kesatuan, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa melaporkan apabila ada gejolak sosial di masyarakat, konflik vertikal dan horizontal bisa diantisipasi dengan peran serta masyarakat dan keterlibatan komponen masyarakat ini mampu memberikan manfaat bagi kita semua terutama terbentuknya sinergitas untuk meminimalisir terjadinya suatu konflik sosial yang terjadi di masyarakat.

Di era keterbukaan informasi ini, diharapkan masyarakat mampu menjaring dan mencegah penyebaran paham ideologi atau gerakan radikalisme yang bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945 dimana dapat mengancam keutuhan NKRI baik pengaruh dari dalam Negeri maupun pengaruh dari luar Negeri.

Dengan memahami bahaya AGHT (ancaman, gangguan hambatan dan tantangan) konflik sosial, maka kita akan dapat menempatkan diri untuk tetap menjaga mematuhi dan mentaati seluruh aturan yang sudah diterapkan, sehingga tidak terpengaruh untuk melakukan tindakan yang membahayakan keutuhan bangsa dan Negara.

Dandim 0117/Atam mengharapkan kepada seluruh para peserta untuk dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial ditengah tengah-tengah masyarakat dan selalu bekerja sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di berbagai permasalahan yang terjadi.

Di tempat yg sama Asintel Kasad disampaikan oleh Ketua Tim Asintel Kasad Kol Inf Ari Prasetya dalam
membacakan sambutan Asintel Kasad Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko, S.E.,M.M menyampaikan beberapa hal penting yakni, mengajak untuk selalu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ditengah berbagai permasalahan yang sedang terjadi.

Asintel Kasad, meminta kepada seluruh peserta melaksanakan lapor cepat apabila ada hal-hal yang mencurigakan dan mengarah pada potensi konflik agar segera laporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian.

Harapan kami konflik sosial tidak terjadi kembali di Indonesia atau wilayah Kab. Aceh Tamiang dan Penekanan kami dari Tim Mabesad yaitu mari kita segenap komponem bangsa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa apabila ada informasi perkembangan ditengah-tengah masyarakat tolong segera laporkan kepada pihak berwenang atau melihat langsung kejadian yang mengarah konflik guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita diinginkan.”Tutupnya. (ABS)