Bali Jadi Tuan Rumah SWIRMO, Delegasi Regional ICRC Kunjungi Kodam IX/Udayana

49

DENPASAR (Bali) ketikberita.com | Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., menerima kunjungan kehormatan Kepala Delegasi Regional International Committee of Red Cross (ICRC) untuk Indonesia dan Timor Leste, Alexandre Faite beserta rombongan, di Ruang Rapat Kasdam IX/Udayana, Denpasar, pada Kamis (18/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut Alexandre Faite selaku pimpinan rombongan menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan Bapak Kasdam IX/Udayana bersama staf yang sudah berkenan menerima dan menyambut kunjungannya ditengah kesibukan dalam melaksanakan tugas.

Pimpinan rombongan juga memperkenalkan staf yang mendampingi dan menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk bersilaturahmi dan menyampaikan terkait Program Nilai Kemanusiaan di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Udayana.

“ICRC dan Fakultas Hukum Universitas Udayana akan mengadakan kegiatan seminar dan Focus Group Discussion (FGD) mengenai konvergensi antara Adat Bali dengan Hukum Humaniter Internasional (HHI) sebagai upaya untuk melindungi martabat manusia pada saat konflik bersenjata terjadi,” jelasnya.

Disampaikan juga bahwa ICRC bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan mengadakan Senior Workshop on International Rules Governing Military Operations (SWIRMO) atau Lokakarya mengenai Aturan-aturan Internasional yang mengatur Operasi-operasi Militer.

“Kegiatan SWIRMO ini akan melibatkan lebih dari 100 perwira militer dari 80 negara lebih di seluruh dunia dan akan dilaksanakan di Bali pada bulan November mendatang. Ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan SWIRMO ini,” imbuhnya.

Terkait kegiatan Seminar dan FGD pada Jumat (20/8) besok, ICRC dan PMI menginisiasi sebuah program yang bernama ‘Nilai Kemanusiaan’ sejak tahun 2020. Program tersebut akan mengeksplorasi keterkaitan antara nilai-nilai kemanusiaan dalam hukum humaniter internasional dan nilai-nilai berbagai budaya adat di Indonesia.

“Dalam kegiatan seminar besok, para akademisi, peneliti dan pakar budaya Bali, serta para ahli hukum akan menyampaikan kajian mereka tentang konvergensi nilai-nilai Budaya Bali dan nilai-nilai kemanusiaan universal,” pungkas Alexandre.

Menanggapi hal tersebut, Kasdam IX/Udayana mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Kepala Delegasi Regional International Committee of Red Cross (ICRC) untuk Indonesia dan Timor Leste beserta rombongan yang sudah berkenan hadir bersilaturahmi ke Kodam IX/Udayana.

Selanjutnya, Kasdam menjelaskan bahwa karakteristik kehidupan masyarakat di Bali yang heterogen sangat dijunjung tinggi dengan nilai-nilai kemanusiaan dan toleransi sehingga terwujud kehidupan yang aman, nyaman dan tentram di Bali.

“Pada intinya kami akan mendukung seluruh kegiatan tentang kemanusiaan yang digelar oleh ICRC dan Kodam IX/Udayana mengharapkan kedepan terjalin kerjasama yang baik. Semoga apa yang menjadi tujuan dari organisasi ICRC dapat membantu masyarakat khususnya di wilayah Bali,” pungkas Kasdam.

Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama serta dihadiri oleh Kakumdam IX/Udy, Kakesdam IX/Udy, Karumkit TK II/Udy, Waasintel Kasdam IX/Udayana, Waasops Kasdam IX/Udayana, Penasehat Hukum ICRC dan Penasehat Bidang Kemanusiaan ICRC. (Ar/Udy)