Syukuran HUT Ke 62 KOWAD, Pangdam Harapkan Kowad Menjadi Prajurit Yang Berprestasi dan Kebanggaan TNI AD

153

DENPASAR (Bali) ketikberita.com | Korps Wanita Angkatan Darat atau di singkat (Kowad) Pembentukannya diilhami oleh hasil perjuangan para Pahlawan Wanita Indonesia yang ikut serta menegakkan kemerdekaan Indonesia dan usaha para pendahulu untuk meraih kemajuan bagi kaum wanita.

Untuk itu pada Tahun 1959 Asisten 3 personel Kasad Kolonel Dr. Sumarno menyampaikan gagasannya tentang penggunaan tenaga militer wanita untuk bidang-bidang penugasan tertentu yang membutuhkan ketelitian, ketekunan, kesabaran dan sifat-sifat keibuan yang menjadi kodrat wanita untuk lebih mencapai afiliasi organisasi.

Sebagai realisasi pembentukan Kowad dikeluarkan Surat Keputusan Pangad No.1056/12/1960 tanggal 21 Desember 1960, lahirlah Corps Wanita Angkatan Darat. Tetapi Hari Kowad ditetapkan tanggal 22 Desember karena bertepatan dengan Hari Ibu.

“Kowad Siap Mengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Adalah Tema HUT Kowad kali ini mempunyai makna yang mendalam bahwa Kowad siap mengawal demokrasi demi menjaga keamanan dan ketertiban serta memegang teguh Netralitas TNI. “Jadikan tema tersebut sebagai pemicu semangat dan tekad untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik dalam mendukung tugas pokok TNI AD di tengah situasi demokrasi seperti saat ini, selamat Ulang Tahun ke-62 Kowad Tahun 2023”

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P.,M.Sc saat acara Syukuran HUT ke-62 Kowad pada Jumat (22/12/2023) di Aula Soepardi Makodam IX/Udayana.

Kasad juga menyampaikan Kowad supaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Sad Satya Sri Sena. Kembangkan kompetensi yang dimiliki melalui pendidikan dan latihan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi secara tepat guna, sehingga akan menjadikan Kowad yang adaptif, tangguh dan pantang menyerah.

“Ingatlah selalu, Meskipun wanita tetap militer, meskipun militer tetap wanita. Oleh karena itu, tidak bosan-bosannya saya tekankan kepada Kowad, agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun. Sayangi dirimu, keluargamu dan juga satuanmu” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana juga menyampaikan bahwa “Kowad itu meskipun wanita tetap militer, meskipun militer tetap Wanita”, hal tersebut mempunyai makna yang cukup dalam bagi rekan-rekan Kowad semuanya karena anda kalau sebagai prajurit akan terikat dengan aturan dan disiplin serta tugas-tugas militer oleh karena itu jaga disiplin jangan sampai melakukan pelanggaran. Namun disisi lain anda adalah seorang wanita merupakan seorang ibu, dirumah mempunyai tanggung jawab besar yakni, mengasuh, mendidik dan membesarkan anak.

Mengakhiri sambutannya Pangdam berpesan mudah-mudahan dengan ulang tahun ini Kowad ke depan banyak berprestasi dibidang olahraga seperti judo, menembak, karate, voly dan lainnya. “Tunjukkan bahwa anda adalah prajurit yang berprestasi menjadi kebanggaan TNI AD, sekali lagi saya ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-62 Kowad”

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, para Sahli Pangdam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO TNI AL, LO TNI AU, para Dan/Kabalak Kodam IX/Udayana, Ibu Raksakarini Sri Sena, Wakil Ketua dan Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana serta undangan lainnya. (red/Udy)

Artikulli paraprakJelang Nataru, Tim Gabungan Pemko Medan Monitoring Makanan Kadaluarsa
Artikulli tjetërPenanaman Pohon di Wilayah Kodim 1430/Konawe Utara