Tanamkan Disiplin, Sertu Prengki Purba Latih PBB Siswa Siswi SMA Negeri 2 Bukit Rata

41

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Babinsa Koramil 07/Kejujuran Muda Sertu Prengki Purba melaksanakan kegiatan pembinaan latihan ketangkasan Baris Berbaris (PBB) untuk meningkatkan kedisiplinan dan memberikan pengetahuan dasar baris berbaris kepada para Siswa siswi SMA Negeri 2 Bukit Rata Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (02/09/22).

Sertu Prengki Purba mengatakan, “Latihan PBB ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah,” ungkapnya.

Latihan yang saya latihkan hari ini berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu saya juga mengisi mereka dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa,” ujarnya.

Sertu Prengki Purba berharap kegiatan ini bisa selalu dilaksanakan sehingga para siswa di Sekolah SMA Negeri 2 Bukit Rata mampu melaksanakan kegiatan baris berbaris dengan baik serta memiliki disiplin yang tentunya bisa menjadi bekal buat mereka kedepannya,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang terpisah Danramil 07/Kejujuran Muda Kapten Inf Nunu Rukmana menjelaskan bahwa kegiatan ini memang rutin dilaksanakan oleh babinsa dari sekolah ke sekolah untuk melaksanakan latihan. “Selain melatih kedisiplinan, fisik dan mental, dengan adanya latihan tersebut jiwa nasionalisme dan semangat juang bagi murid – murid juga akan tumbuh,” ungkap Kapten Inf Nunu Rukmana

Terlihat di lapangan Para siswa-siswi pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan. (ABS)