Pemkab Nias Laksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias

133

NIAS (Sumut) Ketikberita.com | Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM buka secara resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Nias, Kecamatan Gido Sumut, bertempat di Aula Kantor Camat Gido, Kabupaten Nias, Selasa (02/01/2021).

Bupati Nias dalam arahannya menyampaikan, Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Gido Tahun 2021 ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Tahun 2022.

“Musrenbang hari ini, merupakan puncak dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah di Kecamatan Gido yang sebelumnya telah dilaksanakan Musrenbang di masing-masing desa, Untuk itu, melalui forum Musrenbang ini kita berharap akan tercipta kesamaan pandangan dan harapan dari seluruh pelaku pembangunan daerah dalam mensinergikan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas antara pemerintah tingkat kecamatan dengan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nias khususnya di Kecamatan Gido pada tahun 2022 yang akan datang.” Ujar Sokhiatulo.

Dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2022 yang akan datang diperlukan komitmen yang nyata untuk hal tersebut, sehingga beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak dapat ditangani oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Nias, antara lain : 1).Bidang Infrastruktur ; 2).Bidang Pendidikan ; 3).Bidang Kesehatan ; 4). Bidang Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan; 5).Bidang Pemerintahan dan Aparatur.

Dengan prioritas peningkatan kualitas pelayanan dasar serta beberapa target pembangunan yang masih harus dicapai maka penajaman skala prioritas menjadi sangat penting, mengingat hampir semua usulan program yang telah disampaikan merupakan usulan rencana yang mendesak, objektif dan rasional.

Bupati Nias berharap, Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias ini, supaya menghasilkan daftar prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Gido yang akan didanai dari APBD Kabupaten maupun sumber pendanaan lainnya serta daftar prioritas pembangunan yang dibiayai dari APBDesa dengan harapan partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui program dan kegiatan keswadayaan masyarakat dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu ujarnya. (Wardi)