Pasca Pemungutan Suara Damai, Polres Tebing Tinggi Rajut Silaturahmi Dengan Forkopimda dan Tokoh Masyarakat

45

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas LJ Tampubolon, S.I.K, M.K.P yang diwakili Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, S.H.,M.H merajut silaturahmi kepada Forkopimda Tebing Tinggi bersama Tokoh Masyarakat Kota Tebing Tinggi pasca pemungutan suara Pemilu Tahun 2024 yang berlangsung di Balai Kota Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Selasa (20/02/24).

Dalam sambutan Kapolres Tebing Tinggi yang disampaikan Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, S.H.,M.H mengatakan saat ini mengingat situasi yang berkembang di tengah masyarakat, kita sebagai leader di masing -masing sektor baik pemerintahan maupun sebagai tokoh masyarakat tokoh agama dan tokoh pemuda mempunyai peranan penting demi terciptanya situasi yang kondusif dan sejuk pasca pesta demokrasi Pemilu tahun 2024.

“Dapat kami sampaikan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu serentak ini Polres Tebing Tinggi memiliki 1023 objek pengamatan TPS yang terdiri 517 TPS di wilayah Kota Tebing Tinggi dan 506 TPS di wilayah Kabupaten Sergai , puji syukur kepada Tuhan proses pengamanan dapat berjalan dengan baik tidak dijumpai suatu peristiwa yang menonjol yang dapat mengganggu stabilitas politik dan keamanan di Kota Tebing Tinggi,” paparnya.

Seperti diketahui, baik dari media berita dan media elektronik berbagai permasalahan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di berbagai wilayah, tentu KPU dan Bawaslu telah melakukan langkah-langkah yang telah diatur oleh undang-undang guna menangani laporan aduan pelanggaran Pemilu. Dalam sebuah kontestasi Pemilu pastilah terdapat pihak yang terpilih maupun tidak terpilih berdasarkan suara mayoritas bukan siapa yang menang atau siapa yang kalah yang terpilih jangan merasa jumawa dan yang belum terpilih untuk bisa berlapang dada.

“Oleh karena itu pesta demokrasi hendaknya menjadi wadah untuk menampung suara masyarakat dalam menentukan arah pembangunan nasional berbeda pilihan politik ada hal yang biasa namun persatuan dan keutuhan bangsa adalah prioritas bersama. Situasi kamtibmas yang kondusif adalah faktor utama penunjang kehidupan bernegara guna tercapainya cita-cita bersama negara makmur dan sentosa. Pada kesempatan ini saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama bahu-membahu untuk menciptakan iklim politik yang sejuk, berkeadilan dan berwawasan menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tebing Tinggi H. Emil Sofyan S.Pdi mengatakan sebagai Penyelenggara Pemilu di Kota Tebing Tinggi tidak ada yang wafat namun ada 3 petugas di kelurahan Sri Padang yang mengalami pingsan.

“Tidak banyak kasus yang terjadi di lapangan semua masih dapat kita kendalikan, kegiatan saat ini yaitu rekapitulasi di Kecamatan yang ada di kota Tebing Tinggi. Terima kasih kepada pihak Kepolisian dan Pemko Tebing Tinggi yang telah membantu kami sejak dimulainya tahapan Pemilu mulai bulan Juli sampai saat ini kami terus dibantu dikawal dan diawasi,” tuturnya.

Di tempat sama, Pj. Walikota Tebing Tinggi diwakili Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M mengatakan sepekan lalu tepatnya pada hari Rabu 14 Februari 2024 kita telah menyelenggarakan perhelatan terbesar demokrasi yaitu hari pemungutan suara pemilihan umum tahun 2004.

“Patut kita syukuri bahwa pesta demokrasi 5 tahun tersebut berjalan dengan lancar dan aman secara umum pelaksanaan pemungutan suara pemilu di Kota Tebing Tinggi berjalan dengan sukses tanpa gangguan yang berarti. Pekan ini tahapan Pemilu memasuki rekapitulasi akhir penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan Kecamatan. Suksesnya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 ini tentunya karena dukungan seluruh pihak mulai dari para penyelenggara yaitu KPU beserta jajaran dan Bawaslu beserta jajaran beserta Pemilu kemudian dukungan pengamanan dari TNI dan Polri. Kewajiban kita bersama menjaga suasana politik di daerah tetap kondusif sejuk dan damai, berbeda pilihan merupakan hal yang lumrah dalam demokrasi namun persatuan pasca Pemilu merupakan hal yang utama untuk semakin kita kuatkan,” pungkasnya.

Terpisah, Kasi Humas Polres Tebing Tinggi AKP Agus Arianto mengatakan, kegiatan silaturahmi Forkopimda Tebing Tinggi bersama Tokoh Masyarakat Kota Tebing Tinggi pasca pemungutan suara Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan bertujuan sebagai cooling system guna menurunkan suhu politik pasca pungut dan hitung suara Pemilu tahun 2024

“Diharapkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang hadir pada kegiatan ini dapat menyampaikan pesan untuk menjalin kesatuan dan persatuan serta menjaga Kota Tebing Tinggi tetap aman dan kondusif,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan, Pj. Walikota Tebing Tinggi diwakili Pj. Sekda Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M, Dandim 0204 DS diwakili Danramil 13 Tebing Tinggi Kapten Inf. Yudi Chandra Gurning, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi diwakili Sekretaris Pengadilan Negeri Tegen Maharaja SH, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi Muhammad Muchsin S.H M.H, Ketua KPU Kota Tebing Tinggi H. Emil Sofyan S.Pdi, Kakan Kemenag kota Tebing Tinggi diwakili Dr. H.M David Saragih S.Ag, Ketua FKUB Kota Tebing Tinggi Buya H. Abu Hasyim Siregar, Ketua MUI Kota Tebing Tinggi diwakili Dr. H. M. Hasbie Ash-Shiddiq S.Ag.,MM.,M.Si, Forkopimda Kota Tebing Tinggi, Kepala OPD Pemko Tebing Tinggi, PJU Polres Tebing Tinggi, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kota Tebing Tinggi. (ar)