Puncak Perayaan HBP Ke-60, Jajaran Lapas Tebing Tinggi Gelar Upacara dan Syukuran

35

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 yang puncaknya pada tanggal 27 April 2024 dengan mengusung tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebingtinggi melaksanakan upacara HBP ke-60, Sabtu (27/04/2024).

Antusias ditunjukan oleh seluruh peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Dipimpin langsung oleh Kalapas Anton Setiawan, dirinya menegaskan Hari Bakti Pemasyarakatan kali ini adalah momen untuk merefleksikan pencapaian dalam membimbing para warga binaan menuju perbaikan diri.

lanjutnya, “ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi juga merupakan momentum untuk merayakan pencapaian, mengevaluasi tantangan, dan memperkuat komitmen dalam memperbaiki sistem pemasyarakatan.”

Membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Yasonna H. laoly mengatakan “Kita harus kembali berpegang pada prinsip yang diikrarkan dalam Konferensi Lembang Tanggal 27 April Tahun 1964, bahwa tembok hanyalah sebuah alat, bukan tujuan Pemasyarakatan. Usaha Pemasyarakatan tidak hanya bergantung pada kokohnya tembok atau kuatnya jeruji. Pemasyarakatan adalah segala bentuk usaha untuk mengembalikan para pelanggar hukum ke tengah-tengah masyarakat, maka dari itu kedudukannya bukanlah terpisah dari masyarakat itu sendiri.”

“Tentunya ini akan berkesinambungan dengan upaya sinergitas bersama stakeholder. Tidak adanya penolakan masyarakat terhadap kembalinya narapidana, merupakan tolak ukur keberhasilan kita dalam pelaksanaan sistem pemasyarakatan. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, kita tidak bisa hanya berfokus kepada para pelanggar hukum saja, tetapi harus meluas sampai ke masyarakat untuk menciptakan ekosistem reintegrasi sosial.”

“27 April 1964 sampai dengan 27 April 2024 bukanlah suatu perjalanan yang singkat, 60 tahun umur Pemasyarakatan merupakan perjalanan panjang yang telah dilewati menjadi landasan dalam mempersiapkan perkembangan dinamika pidana di Indonesia,”

Selepas upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran HBP ke-60 yang diisi dengan acara pemotongan tumpeng dan makan bersama di Gedung Aula Sasana Tama Lapas, Tebingtinggi dan turut hadir Pejabat Struktural Eselon IV dan V, seluruh jajaran staf, petugas pengamanan, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan serta Dharma Wanita Persatuan Lapas Tebingtinggi serta kegiatan berlangsung dalam situasi aman dan kondusif. (ar)