Komisi IV DPRD Dorong Langkah Antisipasi Pencegahan Banjir 

106

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang Tasril Jamal mendorong langkah-langkah antisipasi pencegahan banjir dilakukan oleh Pemkot Tangerang.

“Saya sangat mendorong Dinas PU ambil sikap pembenahan sedini mungkin sebelum musim hujan tiba,” ujarnya

Ia mengatakan sesuai anggaran pelaksanaan untuk pengentasan banjir sudah digunakan oleh Dinas PUPR untuk pelaksanaan antisipasi banjir.

“Sudah mulai bekerja dengan melakukan perbaikan drainase dan pembenahan tanggul -tanggul ini sudah mulai dilakukan oleh Dinas PU, atas pokir (Pokok Pikiran) dari anggota dewan artinya PU sudah bekerja sesuai anggaran dan pagu yang ditetapkan DPRD,” ujar Tasril.

Dikatakan Ketua Fraksi PKB ini bahwa terkait persoalan banjir juga harus dipersiapkan termasuk anggaran-anggaran bencana dan yang terkait dengan kebencanaan.

“Karena kita ga tau namanya air bah atau kiriman seperti apa,” ujar wakil rakyat dari dapil IV meliputi Ciledug, Larangan Karang Tengah ini.

Namun demikian Tasril menyampaikan kabar baik hasil pertemuan komisi IV DPRD dengan Balai Besar beberapa bulan lalu diketahui bahwa Kementerian PUPR telah membangun tandon-tandon air di Bogor dan Depok.

“Kita bersyukur Kementerian PU melakukan penguraian air di kali angke, artinya air kiriman dari Bogor ini sudah mulai terpecah kalau dulu kan tersentral air di kali angke langsung ke Tangerang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Tasril mengatakan, bahwa permasalahan banjir bukan soal pemerintah saja namun tingkat disiplin masyarakat dalam membuang sampah.

“Ini yang saya minta agar masyarakat disiplin buang sampah, Pemerintah sudah membuat dan membenahi drainase tetapi masih ada masyarakat buang sampah sembarangan yang menutup saluran air, ini juga penyebab banjir,” pungkasnya. (mir)