Ketua SMSI Sergai Ajak Semua Pengurus Ikuti UKW, Plt Kakan BPN Sergai : Peningkatan SDM Itu Penting

120

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Plt Kakan Badan Pertanahan Nasional Serdang Bedagai (BPN Sergai) Indera Imanuddin SH, MH, menerima kunjungan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di ruangan kerjanya, Rabu (30/8/2023).

Kunjungan SMSI ke Kantor BPN Sergai dipimpin langsung Ketua SMSI Sergai Zuhari dengan didampingi sejumlah pengurus SMSI Kabupaten Sergai.

Plt Kakan BPN Serdang Bedagai Indera Imanuddin, mengucapkan terimakasih kepada Pengurus SMSI yang telah berkunjung ke Kantor BPN Sergai. Ia berharap kemitraan positif ini terus terjalin.

“Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran kawan-kawan kemari yang didalam fungsinya kita bermitra dalam artian positif. Untuk itu kami mendukung kegiatan pelatihan yang dilaksanakan SMSI Sergai,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kegiatan pelatihan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) bagi wartawan sangatlah penting, kerena sebagai wartawan juga memiliki koridor sehingga pemberitaan yang di sampaikan ke publik menjadi lebih baik. Terlebih di Medsos banyak pemberitaan hoax.

“Pada intinya kita semua memiliki rambu (aturan), kami sebagai ASN juga punya rambu, dan kawan- kawan wartawan pastinya juga ada koridor yang harus diikuti, sehingga itu lah penting adanya kegiatan pelatihan,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua SMSI Sergai Zuhari sebelumnya menyampaikan saat ini perkembangan tekhnologi begitu cepat dan ini menjadi tantangan bagi semua Pemilik Media online (Owner) dan wartawan yang tergabung di dalam SMSI. Sebab, sekarang ini diperkirakan sudah mencapai ribuan media online yang berdiri dan setiap saat menampilkan berita, bisa dilihat dalam hitungan detik, menit dan jam.

“Tayangan berita itu siapa saja bisa mekihat,menonton dan membaca yang ditampilkan oleh berbagai jenis media online di google maupun di media sosial. Nah, untuk menyahuti perkembangan tehnologi tersebut kata Zuhari, SMSI Sergai telah melaksanakan pelatihan jurnalistik baru-baru ini.

Namun itu tidak cukup sampai disitu saja dan menurutnya perlu juga dilakukan uji kemampuan semua pengurus dan wartawan yang bergabung di SMSI. Untuk itu ia mengajak semua pengurus dan wartawan agar mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). Jika tahapan ini sudah bisa dilalui dengan baik, maka untuk mewujudkan wartawan yang Profesional dan berkualitas menjadi mudah.

Menjadi wartawan yang profesional dan berkualitas harus memahami dan mematuhi aturan tentang jurnalistik. Mari hindari penyajian berita hoax dan fitnah.

“Sajikan berita dengan berpedoman dengan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode etik Jurnalistik dan penuhi 5 W +1 H dalam membuat berita. Ucap Zuhari.

Selanjutnya, diakhir silaturahmi Plt Kakan BPN Sergai Indera Imanuddin menyerahkan Cenderamata kepada Pengurus SMSI Sergai yang diterima oleh Zuhari selaku Ketua.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut Kasubag Tata Usaha Juli Handyani Nst,Marsel Huda
Kasi Pengukuran, Dani Kasi Penataan, Sekretaris SMSI Sergai Sugiono, Wakil Sekretaris Rizky Rayanda, Fani Aulia SH, dan Ketua Bidang organisasi Budiono. (red)