Hari ini, 19 Gampong Tentukan Geuchik Periode 2022-2028

378

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Hari ini sembilan Belas Gampong (Desa) dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa, akan melakukan pemungutan suara untuk menentukan Geuchik (Kepala Desa) untuk masa Bhakti 2022 sampai 2028 pada, Selasa (24/5/2022).

Sembilan belas Gampong tersebut yaitu berada di kecamatan Langsa Kota dengan jumlah Gampong (desa) sebanyak 10 Gampong, tujuh Gampong yang ikut pemilihan Geuchik yaitu Gampong Blang, Gampong Blang Seunibong, Gampong Daulat, Gampong Alue Beurawe, Gampong PB Blang Pase, Gampong Teungoh, Gampong Pekan Langsa, sementara tiga Gampong Lagi yaitu Gampong Jawa, Gampong Mutia dan Gampong Tualang Teungoh akan dilaksanakan pemilihan Geuchik pada tahun 2024.

Di Kecamatan Langsa Baro dengan jumlah Gampong 12 hanya 3 Gampong yang ikut melakukan pemilihan Geuchik yaitu Gampong PB Seulemak, Gampong Birem Puntong, Gampong PB Tunong, sebanyak 9 Gampong lagi akan ikut pemilihan Geuchik pada tahun 2024 yang akan datang.

Untuk kecamatan Langsa Lama dengan jumlah Gampong sebanyak 15 dan ikut pemilihan Geuchik hanya dua Gampong yaitu Gampong Pondok Pabrik dan Gampong Sidodadi, sementara 13 Gampong lagi akan ikut pemilihan Geuchik pada tahun 2024.

Kecamatan Langsa Barat jumlah Gampong sebanyak 13 Gampong yang ikut pemilihan hanya Gampong Matang Seulimeng, Gampong Lhok Banie, dan Gampong Kuala Langsa, sementara sisanya akan akan ikut pemilihan Geuchik pada tahun 2024.

Untuk kecamatan Langsa Timur sendiri dengan jumlah Gampong sebanyak 16 hanya ikut pemilihan Geuchik sebanyak 4 Gampong yaitu Gampong Buket Meutuah, Gampong Sungai Lueng, Gampong Matang Panyang, dan Gampong Simpang Wie serta sisa sebanyak 12 Gampong lagi akan ikut pemilihan Geuchik tahun 2024.

Pantauan awak media, Selasa (24/5/2022) di beberapa TPS dalam wilayah Kota Langsa, terutama Gampong Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, terlihat warga sangat antusias mendatangi TPS yang telah di tetapkan oleh PPG di Halaman Mesjid Baiturrahim Gampong tersebut.

Hal sama juga terjadi Gampong Paya Bujok Blang Pase, Kecamatan Langsa Kota, warga sangat antusias mendatangi TPS yang di siapkan oleh PPG di lapangan bola kaki, dusun Al Washliyah Gampong tersebut.

Salah seorang warga usai melakukan pencoblosan di salah TPS Gampong Paya Bujok Blang Pase, yang bernama Risky Syawal salah satu santri di Dayah Futuhul U’lum Asa’adah yang berdomisili di Dusun Melati menyampaikan, hari ini penentuan Geuchik baru, kita lihat nantik apakah geuchik yang lama atau geuchik baru yang menang.

“Semoga pemilihan hari ini berjalan aman dan lancar, kita akan lihat hasil perhitungan suara nanti, siapa yang terpilih menjadi Geuchik Gampong ini yang menjabat 6 tahun ke depan, mungkin memang sudah rezeki dari Allah SWT, “tandasnya dengan wajah senyum. (AA)