RSUD Embung Fatimah Siapkan Ruang Khusus Isolasi Infeksi Penyakit Menular

387
Kepala Rumah Sakit Umum Embung Patimah Ani Dewiyana saat di wawancarai para awak media usai cetak dan Online usai acara Musrembang Batam Kota di Asrama Haji Kecamatan Batam Kota (Indralis)

BATAM, ketikberita.com | Managemen RSUD Embung Fatimah akan membangun satu gedung kuhus isolasi penanganan penyakit infeksi khusus untuk penanganan penyakit menular, di RSUD Embung Fatimah, Batuaji, Kota Batam.

Direktur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana, mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) gedung tersebut sudah tahap lelang. Pihaknya saat ini menunggu kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK). Untuk anggarannya sekitar Rp5 miliar.

“Bangunan gedung penanganan infeksi, seperti TBC atau penyakit menular, sekarang masih gabung. Kami berharap bisa membangun yang baru di belakang gedung RSUD, jadi terpisah tidak mengganggu yang lain,” ungkap Ani Dewiyana, saat ditemui di Asrama Haji, Batam Centre.

Ani mengungkapkan bahwa, gedung penanganan infeksi khusus dibangun dua lantai. Lantai bawah untuk rawat jalan, sedangkan lantai atas untuk rawat inap dengan balkon dan taman di rooftop, supaya bisa menjadi rumah sakit percontohan.

“Harapan kami ya mudah-mudahan dapat selesai dengan cepat. Mereka (pasien) juga perlu penanganan khusus karena dengan udara bisa menular. Saat ini semua dalam proses pelelangan, diperkirakan November 2019 sudah siap pembangunannya,” pungkasnya.(Indralis)