Rijal, Korcam Dewan Pusat : Media itu Suka Bikin Onar

356
Proyek RJIT dekat dengan lokasi pemancingan milik Rijal.

SERANG (Banten) ketikberita.com | Pekerjaan RJIT (Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier) yang berlokasi di kampung Kubang Puji RT 09 RW 03 desa Kubang Puji kecamatan Pontang dalam penetapan lokasi pekerjaanya diduga tidak sesuai perencanaan.

Pantauan awak media di lokasi melihat JIT tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, karena lokasi proyek rehabilitasi itu berada di tempat pemancingan salah satu korcam (kordinator kecamatan), indikasinya hanya kepentingan diri sendiri.

Di temui di lokasi proyek rehabilitasi tersier dekat pemancingan miliknya. Rijal selaku korcam Dewan DPR-RI Nuraeni mengatakan”, Media itu suka bikin onar, kadang-kadang tidak sesuai fakta”, Sabtu (22/07/2023).

” Terkait tersier pokmasnya Jahudi, kalau saya sekedar korcam (kordinator kecamatan-red) atau pendamping lapangan, saya yang membawa proyek ini kesini , ini kan proyek aspirasi dewan (DPR-RI Nuraeni -red). Saya hanya mengawasi saja sudah bagus apa belum gitu”, Jelasnya.

Lanjut Rijal,”Tempatnya pokmas di RT 10/11, proyek sudah 50% namun belum diplester dan di aci”.

Ketika di pertanyakan terkait pesan WhatsApp yang mengatakan bahwa nggak usah kesini (kelokasi proyek – red) kepada media, Kata Rijal,” Media itu yang sudah – sudah suka bikin masalah, misalnya pekerjaan ini bagus di katakan kurang speck saya kan marah”.

“Tuh lihat saja proyek pak lurah yang di Kubang Bahat, bagus mana sama yang di kelompok saya, kalau bagus yang punya pak lurah saya nyerah, mendingan punya saya semen juga cukup, mendingan jangan kesini kalau bikin masalah”, Ucap Rijal kepada awak media.

Di temui di rumahnya,Kepala Desa Kubang Puji,Juju mengatakan sampai sekarang belum pernah menghadap pelaksana (Rijal – red). Anggarannya benar tapi pelaksanaannya liar (tidak sesuai tempat pokmasnya -red).

” Pak lurah itu bukan sosial kontrol yang seharusnya mengetahui,ini juga tahunya dari media.Rekomendasi mah tahu,di saat pelaksanaan di mana tidak tahu”,Ungkapnya.

Kepala Desa Kubang Puji, membeberkan siapa sosok Rijal yang mengaku sebagai korcam dari salah satu anggota dewan pusat.

“Rijal itu bukan kelompok tani tapi dia yang melaksanakan atau disebut penerima manfaatnya, RJIT kelompok tani Mekar Jaya di manfaatkan sama dia untuk membangun wilayahnya, kelompok tani yang dapat bantuan tapi dia yang manfaatin. Anggaran nya jelas tapi pelaksanaannya liar”, Jelas Kades Kubang Puji, kecamatan Pontang.

Dan perlu di ketahui proyek RJIT ini di biayai APBN Kementerian Pertanian TA 2023 dengan nilai kontrak: 75.000.000 no.spk: 12.36.06.RJIT/PPK.psp.B./SPK/2023.yang di kerjakan oleh kelompok tani Mekar Jjaya, lokasi kegiatan: Desa Kubang Puji, titik koordinat: Lat s.6., 012° longe 106.267755 , waktu pelaksanaan: Juli 2023,nama kegiatan: Penyediaan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana Pertanian. (Tis)