Pj. Bupati Aceh Singkil Hadiri Kegiatan Peringatan Hari Otonomi Daerah Di Kota Makassar

263

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah Ke-27 Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia gelar Upacara Peringatan dan Malam Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah dengan Tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul” dilaksanakan pada hari ini yang dipusatkan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Ucap Kabag Prokopim Aceh Singkil Abdul Rahman, S.Ikom, Sabtu (29 April 2023).

“Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Gubernur dan Bupati/ Walikota se-Indonesia. Sedangkan Pj. Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST., D.E.A hari ini telah hadir di Makasar untuk mengikuti seluruh acara kegiatan.” tutur Rahman.

Kabag Prokopim juga menerangkan agenda Pak Marthunis, mulai berangkat Hari Jumat kemaren menuju Kota Makasar untuk menghadiri kegiatan Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII dan malam apresiasi kinerja pemerintah daerah sebagaimana surat undangan Menteri Dalam Negeri Nomor: 10.2.7/2053/SJ, tanggal 5 April 2023,” pungkas Rahman.

Diawal acara dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan melalui momentum Hari Otonomi Daerah ini saya sangat apresiasi yang setinggi-tingginya untuk daerah-daerah yang telah berhasil mengolah dan menggali potensi- potensi sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, Daerah jangan terlena dengan dana transfer dari pusat ke daerah. Transfer dari pusat adalah pemicu atau pemancing agar daerah mampu mandiri dan berinovasi dan menggali potensi-potensi daerah yang dapat dikembangkan demi meningkatnya PAD bagi daerah-daerah otonom, sehingga apabila nantinya terjadi guncangan ekonomi di tingkat Pusat tidak akan memberikan dampak begitu besar bagi daerah.

Dalam akhir sambutannya Menteri Dalam Negeri mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (3 Provinsi, 10 Kabupaten dan 10 Kota) yang menerima penghargaan Daerah yang Berkinerja Tertinggi Secara Nasional berdasarkan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2022.

Menteri dalam negeri berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi dan dorongan untuk terus berinovasi dan bersemangat dalam memajukan daerah serta memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Sementara itu, Pj. Bupati Aceh Singkil juga berharap melalui Hari Otonomi Daerah ini Kabupaten Aceh Singkil dapat belajar dari prestasi dan kinerja daerah lain untuk meningkatkan kinerja dalam rangka percepatan, efektifitas dan efesiensi penyelenggaraan pemerintah serta peningkatan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. “ harap Marthunis. (R84)

Artikulli paraprakSyukuran, Penyerahan Kelola Wisata Mangrove dari Pemkab Nias Utara Kepada BUM Desa Sendroro Sisarahili
Artikulli tjetërKasrem 172/PWY Pimpin Upacara Pelepasan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif R 142/KJ