Kasrem 172/PWY Pimpin Upacara Pelepasan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif R 142/KJ

171

JAYAPURA (Papua) ketikberita.com | Kepala Staf Korem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto selaku Wadan Kolakops memimpin upacara pelepasan Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ (Ksatria Jaya), yang berlangsung di Lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (29/4).

Meski di tengah guyur hujan, upacara berlangsung dengan aman dan lancar dihadiri oleh para pejabat Korem 172/PWY.

Dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Kasrem 172/PWY menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/Ksatria Jaya atas segala Dharma Baktinya selama penugasan di wilayah Papua.

“Penugasan yang telah dilaksanakan merupakan wujud dari pengabdian kepada bangsa dan negara, sehingga kalian patut bersyukur dan bangga dapat mengemban amanah dan kepercayaan ini dengan baik,” katanya.

Para Prajurit diharapkan agar melaksanakan pengecekan akhir dan menginventarisir alat perlengkapan yang menjadi tanggung jawab satuan maupun perorangan. Selain itu, ditegaskan agar tidak membawa hewan dan tumbuhan yang dilindungi, sebagaimana komitmen institusi-institusi lain yang peduli terhadap pelestarian lingkungan.

“Setelah ini para prajurit akan kembali ke home base. Oleh karenanya, perhatikan faktor keamanan personel dan materiil selama di perjalanan, serta hindari hal-hal yang dapat merugikan satuan dan diri sendiri,” ujar Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran dan keberhasilan penugasan Satgas Kewilayahan Yonif Raider 142/Ksatria Jaya. Kiranya dukungan dan kerja sama yang baik ini dapat diteruskan kepada setiap satuan yang melaksanakan tugas di Bumi Cenderawasih,” tambah Kasrem.

Saat ditemui awak media usai upacara, Kasrem mewakili Danrem 172/PWY selaku Dankolakops menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada 400 prajurit Yonif 142/KJ yang telah melaksanakan tugas di wilayah Papua Pegunungan selama kurun waktu 1 tahun yaitu di wilayah Kabupaten Tolikara, Yalimo, Mamberamo Tengah dan Mamberamo Raya.

“Selama bertugas prajurit ini telah berhasil membuat kebaikan untuk masyarakat Papua dan juga bangsa Indonesia. Terima kasih dan patut kita bersyukur bahwa kalian datang 400 prajurit dan kembalipun dengan jumlah yang sama tanpa ada yang kurang. Semoga ini juga bisa diikuti oleh satuan tugas lainnya yang bertugas di Papua,” ucap Kasrem.

Kasrem menjelaskan, Satgas Yonif Raider 142/KJ berasal dari Provinsi Jambi dan berada dibawah Komando Kodam II/Sriwijaya Sumatera Selatan.

“Mereka (prajurit) memang niatnya bertugas untuk membangun Papua lebih baik ke depan, dan kalau ada orang-orang yang tidak suka, itu biasa. Tapi intinya yang bertugas ini adalah orang-orang yang punya niat baik dari daerah asalnya menuju ke sini untuk memberikan kebaikan, memberikan pembaruan yang lebih baik buat Papua,” tegas Kasrem.

Sementara itu, Komandan Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Esnan Haryadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang telah menerima kehadiran mereka dengan baik selama bertugas.

“Terima kasih juga kepada Bapak Pangdam Cenderawasih, Bapak Danrem juga Kasrem dengan pejabat lainnya yang selama ini telah membimbing kami selama masa penugasan,” ucapnya.

“Bahwa kami datang ke Papua ini dengan niat yang tulus, sehingga semua kegiatan program yang sudah kita laksanakan dapat diterima masyarakat dengan baik,” aku Danyon.

Pihaknya juga mengaku selama 12 bulan bertugas, tidak pernah ada pengaduan masyarakat kepada Pangdam Cenderawasih maupun Dankolakops (Danrem 172/PWY) dan instansi terkait lainnya soal prajuritnya.

“Alhamdulillah hingga akhir penugasan, jumlah kami prajurit masih tetap lengkap seperti saat kami datang dulu,” ucapnya bersyukur.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Kasrem 172/PWY serta piagam penghargaan Danrem 172/PWY dan Pangdam XVII/Cenderawasih ke Danyon 142/KJ. (red)

Artikulli paraprakPj. Bupati Aceh Singkil Hadiri Kegiatan Peringatan Hari Otonomi Daerah Di Kota Makassar
Artikulli tjetërPastikan Prajurit Selalu Siap Bertugas, Satgas Yonif 725/Woroagi Cek Kesehatan Berkala