Pemkot Gunungsitoli Dukung Kegiatan Baznas

31

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Walikota Gunungsitoli diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Gunungsitoli, Abdul Majid Caniago, SE., M.Si menghadiri pertemuan dengan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias Utara serta Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kepulauan Nias dalam rangka kunjungan kerja Wakil Ketua III Baznas Provinsi Sumatera Utara Ir. H. Syahrul Jalal, MBA, Selasa (28/09/2021).

Dalam laporan panitia oleh Ketua Pimpinan Baznas Kota Gunungsitoli Abdul Gani Zalukhu, S.Pd menyampaikan bahwa tujuan pertemuan ini adalah untuk melaksanakan penguatan kelembagaan Baznas khususnya di Kepulauan Nias.

Ketua Pimpinan Baznas Kota Gunungsitoli memaparkan capaian kerja Baznas Kota Gunungsitoli sejak awal tahun 2021 sampai sekarang, diantaranya, adalah:

Bantuan kepada 5 orang mahasiswa S1 dan S2 yang sedang menyelesaikan skripsi dan tesis, sebesar Rp. 6.750.000,-
Bantuan beasiswa kepada 66 siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA, sebesar Rp. 27.900.000,-
Bantuan tas sekolah kepada 36 siswa SD/ MI.
Bantuan pembangunan 3 unit Masjid dan 1 TK/ RA sebesar Rp. 34.000.000,-
Bantuan kepada 141 orang guru non PNS tingkat TK/ RA, SMP/MTs dan SMA/MA, sebesar Rp. 56.400.000,- ditambah 141 buah tas.
Bantuan kepada 291 orang kaum duafa, fakir miskin terdampak Covid-19, sebesar Rp. 80.000.000,-

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Gunungsitoli Abdul Majid Caniago, SE., M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli menyambut baik pertemuan Baznas Kota Gunungsitoli, dan berkomitmen tetap mendukung kegiatan sosial Baznas Kota Gunungsitoli melalui dana hibah yang dialokasikan setiap tahunnya.

Beliau berharap agar Pengurus Baznas Kota Gunungsitoli dapat mensosialisasikan betapa pentingnya sebuah zakat yang dihimpun oleh Baznas ini ditengah-tengah masyarakat, khususnya Kota Gunungsitoli.

Di akhir pertemuan, diadakan penyerahan bantuan beasiswa secara simbolis bagi 100 orang siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di wilayah Kota Gunungsitoli dan penyerahan masker kepada Unit Pengumpul Zakat Kabupaten Nias dan para Kepala Sekolah. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Nias, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli, dan hadirin lainnya. (Wardiy)