Masyarakat Kesulitan Lahan Pemakaman, Edy Rahmayadi Langsung Telepon Direktur PTPN II

49

MEDAN ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi merespons langsung keluhan warga Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, terkait pengadaan lahan pemakaman. Edy Rahmayadi langsung menelepon Direktur PT Perkebunan Nusantara II Irwan Peranginangin untuk mengupayakan lahan eks HGU PTPN II yang ada sekitar di daerah tersebut menjadi area pemakaman.

Hal ini terungkap saat Edy Rahmayadi meresmikan Menara Masjid Al-Istiqomah di Jalan Suasa Tengah, Mabar Hilir, Medan, Jumat (20/8). Edy Rahmayadi berharap permasalahan ini cepat diatasi sehingga masyarakat di sekitar Mabar Hilir tidak kesulitan area pemakaman.

“Area pemakaman itu penting sekali di tengah-tengah masyarakat dan di sini tempat pemakamannya menurut laporan pengurus masjid sudah sangat penuh. Jadi, kita upayakan lahan eks HGU PTPN II sebagian dialihkan untuk jadi tempat pemakaman,” kata Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Koperasi Suherman.

Edy Rahmayadi meminta kepada masyarakat di Mabar Hilir untuk merawat dan menjaga lahan tersebut bila sudah dialihkan untuk pemakaman. “Kalau sudah selesai administrasinya, sudah dialihkan menjadi pemakaman dirawat dan dijaga karena itu milik semua masyarakat,” terang Edy Rahmayadi.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PTPN II Irwan Peranginangin dalam saluran telepon dengan Gubernur mengatakan akan segera mengoordinasikan pengalihan lahan eks HGU PTPN II di Mabar Hilir. “Kita akan koordinasikan Pak Gubernur lahannnya. Bila memang tidak ada kendala lagi kita akan segera kerjakan untuk menjadi area pemakaman di sana,” kata Irwan.

Ketua BKM Masjid Al-Istiqomah Irawan menjelaskan masyarakat membutuhkan sekitar 5 hektare lahan untuk area pemakaman baru. Menurutnya area pemakaman yang saat ini sudah penuh karena sudah lama digunakan dan banyaknya masyarakat yang dikebumikan di tempat tersebut.

“Sudah sangat penuh, bahkan ada yang tumpang tindih. Karena itu kita minta ke Pak Gubernur agar lahan eks HGU yang jaraknya sekitar 5 Km dari sini bisa dijadikan area pemakaman,” terang Irawan.

Irawan mewakili masyarakat Mabar Hilir sangat bersyukur atas bantuan Gubernur Edy Rahmayadi. Dia juga berterima kasih kepada Gubernur yang telah meresmikan menara Masjid Al-Istiqomah yang tingginya sekitar 10m tersebut.

Peresmian menara ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Edy Rahmayadi dan pengguntingan pita. Edy Rahmayadi juga sempat naik ke menara masjid untuk melihat langsung bangunan yang paling mencolok di Mabar Hilir tersebut dari dalam.

“Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur. Dulu menara ini peletakan batu pertamanya dilakukan Pak Edy Rahmayadi, sekarang dia yang meresmikan, kami sangat bersyukur ditambah lagi dengan upaya beliau mengalihkan eks HGU menjadi area pemakaman,” tambah Irawan.

Turut hadir pada acara peresmian tersebut tokoh masyarakat Ibrahim Tarigan dan tokoh agama Ustaz Toharuddi. Juga hadir OPD terkait, BKM Al-Istiqomah dan masyarakat setempat. (er)