Gubernur Edy Rahmayadi Buka Raimuna Daerah Gerakan Pramuka Sumut VIII di Langkat

129

LANGKAT (Sumut) ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka kegiatan Upacara Raimuna Daerah Gerakan Pramuka Sumut VIII di Lapangan Alun-alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Kabupaten Langkat, Selasa (4/7). Kegiatan tersebut diharapkan menjadi momentum memperkuat kesiapan komponen bela Negara anak bangsa.

Hadir di antaranya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut Nurdin Lubis bersama rombongan, Bupati Langkat Syah Afandin selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka dan sejumlah Kepala Daerah, Sekdakab Langkat Indra Salahudin, serta sejumlah pimpinan OPD Provinsi dan unsur Forkopimda Langkat.

Pada acara tersebut, Gubernur Edy Rahmayadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumut menyampaikan pesan di hadapan sekitar 2.000 peserta Raimuna dari seluruh kabupaten/kota, bahwa Indonesia memang tidak memberlakukan wajib militer seperti di beberapa negara.

“Di Indonesia tidak dilakukan wajib militer, tetapi bela negara diwajibkan sebagai bentuk kesiapan komponen cadangan. Inilah Pramuka salah satunya,” ujar Gubernur.

Karena itu, lanjut Gubernur, dirinya berpesan kepada para generasi muda untuk berdiri tegak dengan sikap disiplin, serta berlatih mental dan fisik untuk memenuhi komponen bela negara tersebut. Sebab materi kepramukaan ada di dalamnya latihan smafor (mengirimkan berita melalui kode menggunakan sepasang bendera), morse (sandi/tanda baca), penggunaan tali temali, kompas, hingga obat-obatan dan kegiatan lapangan yang harus dikuasai sampai tingkat mahir.

“Inilah yang harus kita jadikan sebagai kesiapan Pramuka dalam membela bangsa dan negara, khususnya di Sumatera Utara. Untuk itu saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan Raimuna Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara yang ke-8,” jelas Gubernur.

Dari momentum ini, Gubernur juga mengamanatkan agar Pramuka menjadi kurikulum penting, agar pencapaian kemampuan diri hingga mahir bisa disiapkan. Mulai dari siaga, penggalang, penegak dan pandega, perlu diatur secara rutin hingga kegiatan evaluasi.

“Tahun 77 (1977) saya sudah jadi Pramuka. Doa saya untuk kalian semua, anggota Pramuka ini yang akan menggantikan para bupati/walikota, anggota DPR, pengusaha, termasuk yang paling penting, ada yang menggantikan saya (Gubernur). Semoga Tuhan memberikan kemudahan untuk kita semua dan Pramuka tetap jaya. Makanya saya ingin menyanyikan lagu hymne Pramuka,” sebut Edy Rahmayadi, yang kemudian mengajak semua hadirin menyanyi bersama.

Kesempatan itu, Edy juga menekankan kepada para generasi muda tingkat SLTA dan SMP itu, bahwa Pramuka menjadi tolok ukur dalam hal bela negara. Sebab gerakan ini dikenal pantang menyerah. Termasuk bagaimana mengembalikan tanah Pramuka di Sibolangit, agar dapat digunakan secara maksimal untuk tempat berlatih para pemuda pemudi bela negara.

“Saya akan selalu berada di belakang kalian, bila perlu saya berada di depan,” pungkasnya.

Usai menjadi pembina upacara, Gubernur kemudian menyematkan tanda peserta Raimuna Daerah VIII Kwarda Pramuka Sumut Tahun 2023, ditandai pemukulan gong dan penandatanganan prasasti pembangunan Gedung Pramuka Bersatu Sekata Berpadu Berjaya, Kwarcab Langkat.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Langkat Syah Afandin menyampaikan apresiasi kepada Gubernur yang memberikan motivasi kepada anak-anak Pramuka, termasuk Kwarda Pramuka Sumut yang mempercayakan pelaksanaan Raimuna Daerah VIII tingkat provinsi di Kabupaten Langkat.

“Harapan kita ini menjadi titik semangat dari pembentukan karakter pemuda, aktif, kreatif dan solutif. Semoga acara ini berjalan lancar, dan sukses. Dan bisa membawa keberkahan untuk Langkat,” ungkap Syah Afandin yang akrab disapa Ondim ini.

Selain itu, Ondim menyampaikan komitmen Pemkab Langkat untuk memberikan perhatian kepada Gerakan Pramuka, seperti pembangunan bumi perkemahan serta akan menambah sarana lainnya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk latihan.

Usai upacara, Gubernur pun menyempatkan diri untuk menerima permintaan foto bersama para siswa yang mengikuti kegiatan Raimuna. Dimeriahkan juga dengan berbagai atraksi hingga tarian persembahan siswa SLB (tunarungu). (red)