Ketua DPRD Minta OPD Maksimalkan Serapan Anggaran

140

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo meminta organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Tangerang melakukan percepatan pembangunan di tahun ini.

Pasalnya dengan adanya percepatan tersebut, maka anggaran yang sudah dialokasikan pemerintah cepat terserap serta semakin cepat pula proses pembangunan hasilnya dirasakan oleh masyarakat.

“Ya, itu juga menjadi catatan kita agar penyerapan lebih dimaksimalkan. Khususnya untuk perencanaan dengan serapan harus seimbang. Jadi diawali dengan perencanaan yang kuat, agar serapan anggaran yang sudah direncanakan itu menjadi maksimal,” ujar Gatot kepada wartawan, Selasa (12/9/2023).

Dia juga mengatakan, bahwa hal itu juga sudah disampaikan di saat pengesahan APBD Perubahan 2023 beberapa waktu lalu, khususnya terkait evaluasinya.

Disinggung kondisi yang sama kerap terulang yakni serapan baru maksimal mendekati penghujung tahun anggaran, Gatot sekali lagi menegaskan bahwa kuncinya perencanaan.

“Jadi dihitung. Misalkan proses lelang berapa lama, pekerjaan berapa lama, pembayaran administrasi berapa lama, itu yang harus di-spare, dan itu sudah kita tekankan,” terangnya. (mir)