Control New-Setali Indonesia Sulap Limbah Pakaian Jadi Fashion

195

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Control New, sebuah brand fashion yang menggunakan limbah kain sebagai bahan utama untuk produk-produknya, turut serta meramaikan JF3 Fashion Festival 2023 di Summarecon Mall Serpong, Rabu (19/7/2023).

Pada JF3 2023, bersama Setali Indonesia, Control New mengangkat tema “Reuse and Reboot” yang mengedepankan penggunaan kembali bahan-bahan yang sudah ada.

Afif Musthapa, Desainer dari Control New mengatakan produk-produk Control New didominasi oleh denim dengan berbagai macam oz dan warna, serta menggunakan beberapa jenis kain lain seperti katun, linen, dan sebagainya.

“Meskipun sabar ini masih sedikit sekali limbah pakaian yang bisa kita serap, tapi seiring dengan masyarakat yang bertambah aware terhadap limbah fashion dan semakin tertarik trend pakaian upcycling, maka bisa lebih banyak lagi limbah yang berkurang,” ungkapnya.

Evi Natalia, Desainer dari Setali Indonesia menambahkan dalam membuat koleksi baru kali ini pihaknya memanfaatkan baju bekas hasil donasi yang mencapai 328 Kg.

Baju bekas itu kembali dipilah dimana yang masih layak kembali dibuat menjadi pakaian baru, sedangkan yang tidak layak dicacah menjadi bahan baku lain.

“Kami menjual produk dengan value, kali ini menampilkan 30 koleksi yang dibuat dari limbah pakaian. Ada outwear, jaket, lalu ada aksesoris seperti topi dan lain-lain,” ujarnya. (mir)