Buka Muswil IWO Sumut, Adlin Tambunan : Pembangunan Tidak Akan Sukses Tanpa Dukungan Wartawan

138

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Adlin Tambunan mengaku jika pembangunan di daerah ini tidak akan berjalan lancar jika tidak didukung media massa dan wartawan. Hal itu diungkapkn Adlin Tambunan saat membuka Musyawarah Wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara di Theme Park Pantai Cermin, Jumat (25/3/2022).

Turut hadir Penasehat IWO Sumut T. Erry Nuradi, Kabid Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Sumut Harvina Zuhra, Ketua IWO Sumut Yudhistira, Ketua IWO Sergai Zuhari, Kadis Kominfo Sergai Akmal Koto dan seluruh pengurus dan anggota IWO se-Sumatera Utara.

Adlin Tambunan mengatakan Pemerintah Kab. Serdang Bedagai selalu menjalin hubungan baik dengan siapapun, termasuk wartawan. Bahkan Pemkab Sergai selalu memberikan atensi khusus kepada wartawan sebagai control sosial.

“Kami selalu berhubungan baik khususnya kepada IWO Sergai dibawah pimpinan pak Zuhari. Banyak event yang kami lakukan bersama. Masukan dan dorongan juga sering dilakukan demi mensukses kan pembangunan,”ungkapnya.

Menurutnya, pembangunan tidak akan sukses jika tidak ada peran serta wartawan dan media didalamnya.

“Sebagai control sosial, wartawan dan media tentunya berperan aktif dalam pembangunan. Dan dizaman perkembangan tekhnologi ini, semua informasi dapat digapai hanya dari gadget.

“Semua kini sudah serba digital, makanya IWO sangat mengambil peran penting. Membaca berita bisa lebih mudah melalui gadgetnya masing-masing tambahnya.

Sementara itu penasihan IWO Sumut, Tengku Erry Nuradi mengatakan banyak aturan yang berkembang di zaman ini khususnya tentang informasi tekhnologi.

“Tentang UU ITE, yang berkaitan dengan wartawan online. Ini beda dengan media cetak, kalo online ini seluruh dunia bisa mengaksesnya. Makanya jangan sekalipun menyebarkan berita hoax,” ucapnya.

Hal yang sama juga diutarakan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakil Kabid Pengelola an Informasi Publik Diskominfo Sumut Harvina Zuhra.

Ia mengatakan IWO tentunya bisa menjalankan tugasnya menjadi kontrol sosial di Sumut.

“IWO Sumut ikut berperan membangun Sumut. Bersama-sama saling mendukung program pembangunan,”tandasnya.

Sebelumnya Ketua IWO Sumut Yudhistira mengata kan muswil ini sebagai persiapan menuju Munas di Jakarta mendatang. Saat ini terdapat 10 DPC IWO di Sumut. Beberapa daerah kecil bergabung seperti Sibolga Tapteng dan Binjai Langkat.

“IWO siap merubah wajah pers di tanah air. Salah satunya dengan mensertifikasi dan memverifikasi pers. Iwo sampe sekarang belum menjadi mitra dari dewan pers. IWO tidak bisa dipandang sebelah mata oleh lembaga kewartawanan yang lain,” tandasnya. (AfGans)