Wabup Sabar AS, kukuhkan Dewan Kerja dan Brigade Penolong Gerakan Pramuka Kwarcab 0308 Pasaman

380

PASAMAN (Sumbar) ketikberita.com | Bertepatan dihari memperingati Hari Pahlawan Nasional, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.S.Ag.M.Si selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 0308 Pasaman mengukuhkan Dewan Kerja dan Brigade penolong Kwartir Cabang bertempat Aula Kwarcab Jalan Huzairin Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, Kamis sore (10/11).

Pengukuhan ini dilaksanakan berdasarkan hasil seleksi Dewan kerja yang dilakukan pada minggu (6/11) kemaren bertujuan dalam rangka pembinaan generasi muda khususnya Gerakan Pramuka di Kabupaten Pasaman, ” sebut Sabar AS.

Dihadapan adek adek pengurus Pramuka, Wabup Sabar AS menyampaikan kedepan kembangkanlah potensi dan siap menjadi generasi penerus estapet kepemimpinan umat dan bangsa sebab Adek Adek Pramuka inilah nantiknya menjadi garda terdepan dan ujung tombak kegiatan pramuka, tentunya berfungsi sebagian bina diri, bina kesatuan dan bina masyarakat,” Ucapnya.

Selanjutnya selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Pasaman Sabar AS berharap agar kepengurusan Dewan Kerja Kwarcab dan Brigade Pramuka Kabupaten Pasaman dapat menghidupkan kembali seluruh kegiatan kepramukaan. Karena, Pemkab Pasaman memiliki kepedulian yang tinggi terhadap gerakan pramuka.

“Kita yakin dengan semangat yang dimiliki tersebut akan mampu mendorong pengurus Gerakan Pramuka lainnya untuk mengembangkan kegiatan Gerakan Pramuka di masa depan, khususnya di Kabupaten Pasaman ini,” katanya saat mengukuhkan Dewan Kerja Kwartir Cabang dan Brigade Penolong Gerakan Pramuka 0308/Pasaman.

Sabar AS berharap juga khususnya kepada Dewan Kerja Kwartir Cabang dan Brigade Penolong Gerakan Pramuka 0308 Pasaman, untuk menjadi pribadi yang luar biasa. Jika hanya menjadi orang biasa saja akan tertinggal dan tidak bisa melaksanakan amanah untuk menjadi generasi unggul di masa depan.

“Sebab, pemimpin masa depan membutuhkan lahirnya generasi emas, dan adik-adik saat inilah yang harus siap menjadi pemenangnya,” tuturnya.

Tantangan masa depan tidak sama dengan tantangan yang dihadapi masa lalu dan saat ini. Karena itu, Gerakan Pramuka memiliki tantangan menyelamatkan generasi muda dengan pendidikan karakter, bekali wawasan kebangsaan, dengan skill keterampilan yang memadai sehingga menjadi generasi yang mampu bersaing.

Dia menambahkan bahwa di dalam tubuh Pramuka terdapat satuan karya bernama Brigade Penolong. Anggota Brigade Penolong memang diproyeksikan untuk siaga penanganan bencana, tanggap darurat, maupun kondisi luar biasa yang terjadi.

“Kepada para anggota Brigade Penolong yang baru dikukuhkan ke depan agar bisa memahami tugas serta perannya serta dapat menjadi yang lebih aktif tangggap dalam memberikan pertolongan dari setiap kejadian bencana yang ada.”Ucapnya.

Terakhir pada Momentum memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022 saat ini ditekankan kembali oleh Wabup Sabar AS bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, untuk itu mari kita bersatu padu seluruh unsur elemen masyarakat bekerja keras dalam mewujudkan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat ,”Tutupnya. (Abdi)