Selama 19 Bulan Pimpinan Jabatan Definitif Diskominfo Aceh Singkil Lowong

243

ACEH SINGKIL (Aceh) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Aceh melalui Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memberikan peluang kepada pejabat Golongan IV dan pejabat Administrator Eselon III untuk mengikuti Seleksi Terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) 5 organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemda Aceh Singkil.

Akan tetapi, ada tiga OPD saat ini dipimpin oleh Pelaksana Tugas (PLT) tidak termasuk dalam Selter tersebut, meskipun terdapat jabatan JPT yang kosong sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan.

Salah satu jabatan yang kosong selama 19 bulan sejak Oktober 2021 adalah jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), namun hingga saat ini belum ada pengangkatan pejabat definitif.

Lima OPD yang diusulkan untuk mengikuti Selter JPT ini meliputi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kepala Bakesbangpol, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Kepala Dinas Perhubungan.

Informasi yang dihimpun awak media bahwa tiga jabatan di Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) yang belum diikutsertakan dalam Selter JPT adalah Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), serta Dinas Sosial Kabupaten Aceh Singkil.

Kepala Dinas Kominfo sebelumnya dipegang oleh Dirhamsah, namun ia mengundurkan diri pada Oktober 2021 karena alasan kesehatan. Namun, sampai saat ini, kurun waktu selama 19 bulan dijabat dalam status Plt. Sehingga semenjak masa pemerintahan Dulmusrid hingga Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis belum ada pelantikan melantik pejabat definitif tersebut.

Untuk diketahui, Jabatan Plt di Dinas Kominfo ini sudah berganti sebanyak tiga kali, pertama dijabat oleh Sekretaris Kasimin, selanjutnya Syafni Akhir, dan terakhir 16 Februari 2023, Ali Hasmi, yang juga menjabat sebagai Kepala BKPSDM, ditunjuk sebagai PLT Kadis Kominfo.

Sedangkan Jabatan Dinas Sosial, dipegang oleh Sekretaris kantor dinas tersebut Bungaran Tumangger, ditunjuk menjadi Plt pada 14 Maret 2023. Sedangkan Junaidi SSTP, pejabat Asisten 1 Sekdakab, ditunjuk sebagai PLT Disdikbud pada 3 April 2023.

Afridanur, Kabid Sumber Daya Aparatur BKPSDM Aceh Singkil, Afridanur, yang dihubungi wartawan Sabtu, 13 Mei 2023, mengataka oleh terkait jumlah pendaftar Selter JPT, menuturkan setelah penutupan pendaftaran pada tanggal 10 Mei 2023, jumlah peserta yang memdaftar akan segera kita diumumkan.

Kelima OPD yang termasuk dalam Selter JPT meliputi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kepala Bakesbangpol, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Kepala Dinas Perhubungan.

Kemudian, pada Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, izinnya masih dalam tahap pengajuan ke KASN untuk mengikuti selter.

Kepala BKPSDM Aceh Singkil Ali Hasmi menjelaskan bahwa untuk Dinas Kominfo, akan dilakukan rotasi jabatan yang telah disetujui dan mendapat rekomendasi dari KASN. Rincian rotasi jabatan tersebut melibatkan Ali Hasmi sebagai Kepala Dinas Kominfo, Azman sebagai Kepala BKPSDM, dan Saiful Umar sebagai Asisten 1. Selain itu, Junaidi akan dipindahkan dari Asisten 1 menjadi Kepala Dinas Perikanan.

Namun, pelaksanaan rotasi tersebut masih menunggu persetujuan dari Marthunis. Apakah rotasi akan dilakukan terlebih dahulu atau Selter JPT akan dilaksanakan terlebih dahulu. (R84)

Artikulli paraprakWalantaka Belum Sepenuhnya Bebas Dari Miras, PR Bagi Pemkot Serang
Artikulli tjetërTim Gabungan Pemko Medan Gelar Gotong Royong Massal di Pinggiran Sungai Deli