Rangkaian Hari Bhayangkara ke – 77, Polres Tebing Tinggi Gelar Upaca Parade dan Berikan Penghargaan Pada Personil Berprestasi

150

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Upacara Parade dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke – 77 tahun 2023 digelar dengan mengusung tema ’Polri presisi untuk negeri, pemilu damai untuk Indonesia maju’.

Kegiatan upacara berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi, pada Sabtu pagi (1/7/2023) sekira pukul 07.50 WIB.

Hadir dalam upacara parade yaitu Pj. Walikota Tebingtinggi Drs. Syarmadani, M.Si, Ketua DPRD Basyarudin Nasution, S.H, Kapolres AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.I.K, M.K.P, Dandim 0204 DS diwakili Danramil 13 Kapten Inf. Yudi Chandra, Kajari diwakili Kasubsi Pidsus Wido Sihombing, S.H, M.H, Danyon B Sat Brimobda Polda Sumut diwakili Wadanyon AKP Muhktar Kadoli, S.I.K Kalapas Kelas IIB Anton Setiawan, Karumkit Bhayangkara Kompol L. Sembiring, S.H, Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Dr. Nusra Arini, S.H.I, M.H.

Selanjutnya juga hadir Plt. Ketua KPU H. Rudi Erwin, S.E, Wakapolres Kompol Asrul Robert Sembiring, S.H, M.H, para PJU Polres, Ketua Bhayangkari Cabang Tebingtinggi Ny. Maria Andreas Tampubolon, Ketua FKUB Abu Hasyim Siregar, OPD Pemko, purnawirawan Polres, Ketua KBPP Polri Resor Tebinggtinggi Ridwan Siahaan, kata Kasi Humas AKP Agus Arianto kepada wartawan dalam keterangannya pagi tadi.

Disebutkan Kasi Humas bahwa upacara parade ini dipimpin langsung Kapolres Tebingtinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.I.K, M.K.P sebagai Inspektur Upacara dan untuk Perwira Upacara diemban Kasat Sabhara Kompol Ahmad Yani, S.H, Komandan Upacara Kanit 3 Sat Reskrim Iptu Fernando Sitepu, S.H dan pengucap Tribrata oleh Ba Sat Samapta Bripda Firza.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari 1 pleton Marching Band, 81 orang Perwira Polres, 1 pleton personil Polwan Polres, 1 pleton personil Sat Intelkam, 1 pleton personil Sat Reskrim, 1 pleton personil Sat Samapta, 2 pleton staf dan ASN Polres, 1 pleton personil Batalyon B Sat Brimob Poldasu, 1 pleton personil Sub Den Pom, 1 pleton personil TNI 1 Kodim 0204 Deliserdang, 1 pleton personil Sat Pol PP, 1 pleton personil Dishub, 1 pleton gabungan security, 1 pleton anggota ormas KBPP Polri dan POKDAR, 1 (satu) pleton siswa/siswi Pramuka Kota Tebingtinggi, sebut AKP Agus.

Dijelaskan Kasi Humas bahwa sebagai Inspektur upacara, Kapolres AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon membacakan amanat Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

”Selamat hari Bhayangkara ke-77 selamat menjalankan amanah mulia selamat mengabdi kepada rakyat bangsa dan negara kerena setiap saat anggota Polri bersentuhan langsung dengan rakyat”

Sebagai anggota Polri wajib memelihara keamanan dan ketertiban, wajib menegakkan hukum dan keadilan wajib melindungi mengayomi dan melayani masyarakat karena setiap saat Polri selalu diawasi rakyat, ucap Presiden.

Lanjutnya, setiap saat kepercayaan kepada Polri akan selalu diuji disurvei di beberapa lembaga tinggi tingkat kepercayaan rakyat terhadap Polri Saya sedikit senang ada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang di awal tahun 2023 sekitar 60% saat ini sudah naik menjadi 70% ini perkembangan baik, tapi masih jauh dari harapan dan masih banyak keluhan terhadap Polri yang perlu ditindaklanjuti.

”Oleh karena itu Polri harus terus memperbaiki diri terus berbenah harus terus melakukan reformasi” pesan Presiden.

Kemudian, buat keluarga Bhayangkara yang saya banggakan walaupun pandemi covid-19 sudah selesai banyak tugas yang menanti semua program pemerintah membutuhkan dukungan Polri dukungan penegakan hukum dan keadilan dan berbagai pelayanan yang melibatkan anggota Polri.

”Saya ingin menekankan beberapa hal kewenangan Polri itu besar kekuatan Polri itu juga besar, oleh sebab itu harus digunakan secara benar seluruhnya dan seadil-adilnya jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada yang dibelok-belokkan jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas lindungi masyarakat ke bawah berikan kepastian hukum kepada masyarakat” bilang Presiden.

Selanjutnya, pada saat ini kita sudah masuk tahapan Pemilu tahun 2024 pencegahan harus diutamakan dan kita harus mengawal program prioritas nasional termasuk pembangunan ibukota negara selain itu antisipasi tidak kejahatan yang semakin canggih yang memanfaatkan teknologi baru. Dimana Institusi Polri itu bisa diibaratkan seperti sapu lidi masing-masing harus bersih harus lurus dan kuat semua batang lidi harus diikat bersatu padu untuk bersinergi, tegas Presiden Joko Widodo dalam pidato yang dibacakan Kapolres Tebingtinggi, terang Kasi Humas.

Selesai melakukan upacara parade, kegiatan dilanjut dengan pemberian Piagam Penghargaan Kepada 19 personil Polri di Jajaran Polres Tebingtinggi Yang telah berprestasi, sesuai dengan keputusan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tebingtinggi Nomor : KEP/51/VI/2023.

Adapun daftar nama-nama personil yang mendapat penghargaan yaitu AKP Junisar Rudianto Silalahi, S.H, M.H, Ipda Dhimas Abie Thoyib, S.Tr.K, Aiptu Wismar Simanjuntak, Aipda Rino Rifandi, Brigadir Jerry Fadly Sormin, S.H, Brigadir Syauqatillah, S.H, Bripka Muhammad Junaidy, Aiptu Adi Kuswono, Aiptu Alimuddin, Aiptu Lamhot Butar-butar, Aiptu Terlaksana Sembiring, Aipda Muhammad Andri, S.H, Aiptu Priadi, Aipda Akhmad Hasan, Bripka Julpan Effendi, S.H, Aiptda Suwanda, Bripka Mhd. Imam Cahyandi, Brigadir Agustiyan, Brigadir Andrew David Manik, S.H dan Brigadir Anas Fauzi Saragih, papar Kasi Humas menyudahi keterangan. (ar)