Penanaman Pohon di Wilayah Kodim 1430/Konawe Utara

92

KONUT (Sulawesi Tenggara) ketikberita.com | Komando Distrik Militer (Kodim) 1430/Konut melakukan Karya Bakti Penanaman Pohon, Kegiatan ini di pimpin oleh Letda INF La Beda (Pj Danramil 1430-01 lasolo) Di Kel.Bende Kec.Motui Kab.Konawe Utara, Sabtu (23/12/2023).

Kegiatan penanaman pohon tersebut selain TNI, juga turut diikuti oleh Pemerintah Kecamatan Desa setempat, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan, serta unsur dari kalangan Pelajar serta komponen masyarakat sekitar.

Dandim 1430/Konawe Utara Letkol Kav Sofyan mengatakan bahwa tujuan utama penanaman pohon untuk mengantisipasi air pasang sekaligus melestarikan lingkungan.

“Ada 50 Pohon yang ditanam mulai jenis pohon Terang Besi dan Pohon Mahoni. Yang menjadi latar belakang adalah banyaknya dampak dari hujan yang tak berhenti, dan kita tidak mau kecolongan banjir,” ucapnya.

Dirinya juga memaparkan ada 3 program karya bakti yang dilakukan yaitu program pembersihan pasar dan permukiman, kedua penanaman pohon supaya bermanfaat untuk mencegah banjir dan menghasilkan oksigen, ketiga saluran air di permukiman yang menimbulkan penyakit.

Dandim 1430/Konut juga menghimbau kepada masyarakat untuk sadar akan sampah yang harus membuang pada tempatnya lebih baik lagi untuk dipilah terlebih dahulu agar menghindari terjadinya banjir dan TNI serta masyarakat bisa bekerjasama.

Sementara itu, Camat Motui (Sudomo.SE) mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman pohon ini.

“Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan gerakan menanam pohon ini, Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan,” ucap Sudomo. (r/red)