Pemkab Sergai-Prefektur Ibaraki Jajaki Kerja Sama Wujudkan Smart City

157

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Keseriusan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk mengembangkan potensi pariwisata mendapat respons yang positif dari berbagai pihak. Kali ini, respons positif tersebut datang dari salah satu prefektur (negara bagian atau provinsi yang dipimpin oleh pemimpin tunggal) di Jepang, yaitu Ibaraki.

Dalam kesempatannya menerima delegasi Prefektur Ibaraki di ruang kerjanya di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (9/3/2022), Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyambut dengan baik tawaran kerja sama yang diajukan oleh delegasi untuk mengembangkan pariwisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Setelah menyaksikan dan mendengarkan presen tasi pihak delegasi, Bupati menegaskan agar rencana ini bisa berkelanjutan dan ditanggapi secara serius.

“Kita harus memiliki kemauan yang tinggi untuk bisa merealisasikan hal-hal yang barusan disampai kan. Bagaimana ini bisa tercapai, harus kita diskusikan bersama-sama secara serius. Apalagi rencana ini meliputi maksimalisasi potensi pariwisata, perkebunan dan lain sebagainya,” ucap Darma Wijaya.

Bupati menyebut, selain pariwisata, Sergai juga memiliki potensi lain yang sangat besar peluang nya untuk dimaksimalkan seperti peternakan, perikanan dan perkebunan. Dirinya juga memiliki harapan jika Sergai suatu saat menjadi “smart city” atau kota cerdas. Untuk mewujudkan ekosistem kota cerdas ini, dirinya menyadari betul dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mendukung prosesnya.

“Intinya kami sangat terbuka dan menyambut baik kerja sama ini. Apa-apa yang diperlukan untuk menindaklanjuti rencana ini bisa dikomunikasikan dengan Staf Ahli saya dan Kepala OPD terkait,” sebutnya.

Sebelumnya dalam pemaparan, perwakilan dele gasi Prefektur Ibaraki, Rudi Dermawan di dampingi Syaifuddin, mengatakan jika ada beberapa tujuan dan sasaran kerja sama berkonsep “sister city” yang dijalin antara Ibaraki-Sergai. Ia menyebut yang pertama adalah meningkatkan kemajuan di beberapa sektor yang disasar, kedua meningkatkan pengembangan dan kemajuan Sergai, ketiga meningkatkan SDM di jajaran Pemkab Sergai demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan mewujudkan Sergai sebagai Smart City.

“Untuk itu kami meminta agar kiranya Pemkab Sergai membuat profil daerah dalam bahasa Jepang atau Inggris. Kemudian perlu dilakukan audiensi ke Konsulat Jenderal Jepang di Medan untuk membahas realisasi hal tersebut. Dan terakhir mengundang Bapak Konsul Jenderal Jepang untuk bertemu langsung dengan Pak Bupati Sergai sekaligus memaparkan potensi Sergai untuk menjembatani kerja sama dengan Ibaraki,” paparnya.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Kadis Poraparbud Drs. Zulfikar dan rombongan delegasi. (AfGans)