Musrenbang RKPD Nias Barat TA 2022, Bupati Usulan Langsung Kepada Gubernur Sumut Kondisi Jembatan “OYO”

117

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Musrenbang RKPD Kabupatèn Nias Barat Tahun Anggaran 2022 bertempat Tokosa Hall Onolimbu Lahömi Baru- baru ini (25/03), Dilaksanakan yang mana turut dihadiri Mewakili Gubsu yakni Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provsu, beserta Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulö, Kaban BAPPEDA Nias Barat Sabahati Gulö, S.Sos, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD/Kabag dan para Camat se-Kabupaten Nias Barat. Hadir juga sejumlah Tokoh (stakeholder), Pimpinan Lembaga/Instansi profesi dan Forkompika Kabupatèn Nias Barat.

Acara sambutan Ketua DPRD Nias Barat oleh Drs. Evolut Zebua diteruskan dengan sambutan Gubernur Sumatera Utara yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provsu.

Lanjut Bupati Nias Barat Faduhusi Daely S.Pd MM dalam arahan menegaskan bahwa Musrenbang merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses perencanaan pembangunan.

Perencanaan Pembangunan dilaksanakan dengan menggunakan lima pendekatan yaitu politik, teknokratik, partisipatif, tôp down dan bottom-up. Musrenbang ini merupakan Forum pertemuan antar pihak-pihak pemangku kepentingan dalam mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah baik provinsi maupun kabupatèn/kota, papar Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nias Barat menyampaikan sejumlah item program yang telah terlaksana sejak beliau dan pasangannya menjabat Bupati & Wabup periode tahun 2016-2021. Adapun berbagai program yang telah terlaksana dimaksud disampaikan Bupati yakni Infrastruktur Dasar berupa jalan / jembatan, sarana dan prasarana pendidikan, pembangunan Puskesmas Rawat Inap disetiap kecamatan, pembangunan RSUD Pratama, pembangunan Pasar Rakyat. Kemudian, pemberian bantuan peralatan di berbagai sektor kepada pelaku-pelaku usaha dan pemberian Beasiswa kepada putra/i Nias Barat dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), tutur Bupati.

Seterusnya Bupati Nias Barat menyampaikan usulan langsung kepada mewakili Gubernur Sumut yakni kondisi JEMBATAN “OYO” yang sudah berumur 32 tahun dan kini sangat mengancam keselamatan pengguna jalan/jembatan tersebut; apalagi jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses yang bisa menghubungkan ke Kota Gunungsitoli; kiranya ada perhatian khusus dari Pemprovsu, harap Bupati.

Akhirnya Bupati Nias Barat memberikan penghargaan kepada Mewakili Gubsu untuk memukul Gong sebanyak delapan kali pertanda Musrenbang dibuka secara resmi. (Wardiy)