HUT ke 433 Tahun Kota Medan, Ini Catatan Penting Legislator

67

MEDAN ketikberita.com | Hari jadi Kota Medan ke 433 tahun pada 1 Juli 2023 ini menyimpan sejuta harapan bagi warganya yang ingin melihat Kota Medan tumbuh dan berkembang sebagai Kota terbesar ketiga di Indonesia. Diusianya yang lebih dari empat abad ini, Kota Medan ternyata masih menyisakan masalah seperti infrastruktur, kemiskinan, lapangan kerja hingga urusan keamanan.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan Syaiful Ramadhan berharap Kota Medan terus tumbuh dan berkembang menjadi Kota yang maju sehingga warganya bahagia dan sejahtera.

“Dari tahun ke tahun, Kota Medan terus berbenah dari segi infrastruktur kita melihat Kota Medan terus melakukan pembenahan dan penataan. Kita sangat berharap pembangunan infratsuktur bisa tepat sasaran sehingga bisa memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan kota Medan kedepan,” katanya kepada wartawan, Sabtu (01/7/2023) saat ditanya terkait ulangtahun kota Medan.

Namun, Politisi Muda PKS ini memberi catatan penting terhadap perkembangan Kota Medan khususnya kesejahteraan warga, angka kemiskinan serta ketersediaan lapangan kerja.

“Sebuah kota yang maju selayaknya harus memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi warganya. Kita sangat mengharapkan persoalan kesejahteraan warga terus meningkat dan angka kemiskinan dari tahun ke tahun diharapkan semakin menurun. Point ini sangat penting, karena kita tidak mengharapkan Kota yang gemerlap dengan indahnya pembangunan ternyata menyisakan kemiskinan di dalamnya,” ungkapnya.

Begitu juga dengan ketersediaan lapangan kerja, di ulang tahun ke 433 ini, Pemerintah Kota Medan diharapkan terus memaksimalkan programnya dalam menciptakan ketersediaan lapangan kerja. “Ketersediaan lapangan kerja dimana anak-anak Kota Medan menikmatinya diharapkan bisa memberikan dampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan ketersediaan lapangan kerja bagi warga Medan maka perekonomian warga diharapkan bisa tumbuh,” harapnya.

Ketersediaan lapangan kerja selaras dengan upaya pemerintah Kota Medan dalam penanggulangan kemiskinan. Untuk itu, pihaknya sangat mendorong Pemko terus melakukan terobosan dalam menciptakan program-program untuk ketersediaan lapangan pekerjaan. “Ini menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi kita, dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang memadai kita berharap tercapainnya kesejahteraan warga,” ucapnya.

Namun yang lebih penting, dalam refleksi ulang tahun Kota berjuluk Parijs van Sumatera ini adalah persoalan keamanan yang belakangan sangat terusik. Kota Medan yang merupakan kota besar yang memiliki segenap fasilitas memadai seharusnya bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada warganya.

“Persoalan keamanan di Kota Medan hari ini sangat memprihatinkan, tindakan kejahatan seperti pembegalan dan lainnya menunjukan adanya persoalan besar. Kita perlu melihat permasalahan ini secara menyeluruh. Lahirnya kejahatan di Kota Medan perlu dicari akarnya, apakah karena persoalan ekonomi, narkoba atau lainnya,” kata Syaiful.

Politisi Dapil 5 Kota Medan ini juga mengharapkan tindakan tegas dan bijaksana dari aparat hukum dalam menindaklanjuti persoalan ini. “Kita sangat percaya bahwa penegakan hukum akan terus dilakukan secara profesional. Dan kita sangat mengharapkan Kota Medan bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (red)