Sambut HUT Pemuda Demokrat Indonesia ke 77, DPD Pemuda Demokrat Indonesia Sumut Adakan Mimbar Bebas

50

MEDAN ketikberita.com | Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Pemuda Demokrat Indonesia, pada tanggal 31 Mei 2024 mendatang, Dewan pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Sumatera Utara akan mengadakan mimbar bebas.

Pelaksanaan kegiatan tersebut seragkaian untuk menyambut bulan pilkada khususnya di Sumatera Utara, agar rakyat tidak salah memilih pemimpin masa depan di Sumatera Utara.
Pernyataan ini disampaikan ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Sumatera Utara Drs Rafli Tanjung (foto) di Sekretariatnya di Jalan Kejaksaan no. 6 Medan, Minggu (7/4/2024).

Menurut Rafli Tanjung yang didampingi sekretaris Sipa Munthe, wakil sekretaris Armansyah Lubis mengingatkan kepada masyakarat dalan perhelatan demokrasi untuk pilkada khususnya untuk lebih cerdas memilih. Betapa pahitnya jika kita kecolongan dengan pemimpin yang tidak pro rakyat dan kia akan korban selama 5 tahun kedepan. Utuk itu harus kita sikapi dan respon secara positif dalam memilih nantinya.

Hari ini kita telah dihadapkan dengan berbagai problem dan masalah yang paling besar. Tentunya dalam menentukan sikap untuk memilih pemimpin 5 tahun ke depan. Kita sangat sepakat, bahwa pemimpin itu lahir dari rakyat dan didukung oleh rakyat. Bukan dilahirkan oleh kekuasaan dan cara memberikan dukungan dengan pemaksaan kehendak, jelasnya yang diamini oleh rekan jugan yang merupakan aktivis pergerakan di era tahun 90 an.

Rafli Tanjung yang juga aktivis pergerakan sejak tahun 1989 sudah berkecimpung di panggung aktivis dan politik. Namun belakangan ini aktivitas itu agak terhenti. Untuk hari ini saya akan kembali naik panggung dan bersatu dengan rakyat untuk mengajak agar melaksanakan pemilihan secara cerdas dalam menyikapi persoalan terangnya Kita akan bersama rakyat untuk menentukan pemimpin kita untuk 5 tahun kedepan, agar tidak terjadi kesalahan lagi dalam memilih pemimpin pungkasnya.

Untuk itu, diharap bagi kawan-kawan yang ingin berpartisipasi agar dapat menggabungkan diri dan melaporkan keikutsertaan dalam mimbar bebas nanti sebagai orator dan sekaligus menjadi Narasumber. Untuk itu, harapnya kawan-kawan perlu menyiapkan materi secara terukur, karena sejatinya kita akan menyampaikan tentang kebenaran kepada masyarakat luas dan khalayak ramai.

Pada prinsipnya, jelas bung Tanjung panggilan akrab beliau, akan melakukan yang terbaik untuk Sumatera Utara dalan kepemimpinan 5 tahun mendatang agar Sumatera Utara mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat Sumut lanjutnya.

Bukan tidak mungkin akan berkembang buah pemikiran melakui mimbar bebas tersebut yang nantinya akan menjadi inspirasi dikalangan pemerintahan khususnya untuk perubahan.

Lebih lanjut dijelaskannya, jangan sampai kita dihadapkan dengan sebuah dilema disaat usai perhelatan demokrasi dalam menentukan pilihan, sebab jika hal itu terjadi kerugian bagi kita semua. Oleh karena itu, kita ajak seluruh elemen masyarakat dalam menyikapi secara cerdas, terukur, kapabel dan berkualitas, bukan karena fasilitas dan kapasitas dengan memanfaatkan kekuatan kekuasaan.

Tidak tertutup segala kemungkinan yang terjadi dengan situasi yang saat ini untuk menghalalkan segala cara dalam meraih kedudukan dan jabatan. Apalagi mengejar jabatan yang sejatinya tidak memikirkan lagi kepentingan rakyat. Untuk itu kita bersama-sama menjaga perhelatan dalam pesta demokrasi untuk tingkat kepala daerah di Sumatera Utara, khususnya kata Rafli Tanjung. (r/red)