Gampong Lhok Bani Kini Sudah Ada Rumah Produksi Terasi Modern

196

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Pemerintah Aceh bekerja sama dengan pemerintah Kota Langsa membangun sebuah Rumah Produksi Terasi (Belacan) di Gampong Lhok Banie, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Pembangunan gedung rumah Produksi Terasi ini sudah selesai dilaksanakan oleh kelompok swadaya masyarakat (KMS) Gampong tersebut.

Proyek ini di kerjakan oleh KSM Sarena dengan nama proyek pekerjaan Rumah Produksi Terasi Septik tank Bio, yang berlokasi Dusun Keumala Jempa, Gampong Lhok Banie, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, anggaran tahun 2020 dengan biaya Rp. 1.000.000.000. (1 Milyar) sumber dana KSM dan sudah rampung dikerjakan. Pekerjaan mulai dikerjakan Bulan Oktober 2020 lalu sudah rampung di kerjakan oleh KSM tersebut.

Direncanakan penerima manfaat Kepala keluarga (KK) 10 jiwa dengan hitungan 15 orang perempuan 33 orang, KSM MBR, kontribusi pengerjaan peningkatan usaha pendapatan dan pengolahan terasi masyarakat.

Sementara itu Geuchik Gampong Lhok Banie kepada media ini mengatakan “Rumah Produksi Terasi ini sudah siap namun belum ada serah terima dari pemerintah Aceh atau Pemerintah Kota Langsa kepada Pemerintah Gamppng Lhok Banie, sehingga kita belum bisa melakukan apapun kegiatan Rumah Produksi Terasi tersebut”, jelas Yusri, SH, Sabtu (20/3/2021).

Lanjut Yusri, tetapi rencananya serah terima akan dilaksanakan pada tanggal, 25 Maret 2021 yang akan datang, setelah itu nanti ada peresmian dari pemerintah Kota Langsa, setelah itu baru Pemerintah Gampong mengatur aturan tentang perkoperasian Rumah Produksi Terasi tersebut, tandas Yusri.

Wacana awal pembangunan Rumah Produksi Terasi ini karena di Gampong Lhok Bani, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa adalah Gampong pengolahan terasi terbesar diolah secara tradisional di kota Langsa, pengolahan terasi ini dilakukan oleh warga.
Dan terasi Gampong ini sudah sangat terkenal dan di sukai oleh banyak orang baik di Kota Langsa maupun daerah diluar Kota Langsa. Maka dari itu Pemerintah membangun Rumah Produksi Terasi Modern. (AA)