BPS Sumatera Utara Gelar Bimbingan Teknis untuk Meningkatkan Sistem Statistik Hayati Indonesia

96

MEDAN ketikberita.com | Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Statistik Hayati Indonesia (SSHI), dihadiri oleh berbagai peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal, Kamis (7/12).

Plh Kepala BPS Sumut, Misfaruddin, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat strategi administrasi kependudukan, sesuai dengan Perpres nomor 62 tahun 2019.

“Sistem Statistik Hayati melibatkan pengembangan beberapa variabel kependudukan, terkait dengan sensus penduduk,” ucapnya.

Misfaruddin juga menyampaikan dengan sistem Statistik Hayati ini harapan bahwa sensus penduduk 2030 dapat berupa registrasi, mengurangi kebutuhan door-to-door.

“Sehingga  pentingnya dukungan dari pemerintah dan lembaga terkait, termasuk Dirjen Dukcapil yang memiliki SIAK,” ungkap Misfar.

Dalam konteks ini, lanjut Misfaruddin, BPS Sumut telah melakukan uji coba di Kabupaten Labuhan Batu Utara pada Oktober 2023.

“Hasil uji coba tersebut menjadi dasar untuk melaksanakan bimbingan teknis, melibatkan ahli-ahli kependudukan,” terangnya.

Misfaruddin mengungkapkan bahwa data sensus penduduk 2020 akan menjadi dasar, tetapi variabelnya tetap dikembangkan untuk menghasilkan berbagai indikator seperti umur harapan hidup dan TFR.

“Tujuannya adalah membangun sistem statistik hayati yang kuat untuk mendukung Indonesia Emas di masa depan,” pungkas Misfar. (red)