Infrastruktur dan Manfaatnya Untuk Masyarakat

0
120

MEDAN ketikberita.com | Banyak orang awam pasti bingung kalau di tanya apa arti Infrastruktur?. Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, infrastruktur fisik dan sosial dapat di definisikan sebagai kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistim struktur yang di perlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat.

Infrastruktur dalam pengertian lain sama dengan prasarana yaitu segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses.Menurut para ahli,ada 3 jenis infrastruktur yaitu infrastruktur keras, infrastruktur keras non fisik dan infrastruktur lunak.

Infrastruktur keras contohnya : Bandara, jalan raya, pelabuhan. Infrastruktur keras non fisik sesuai namanya tidak berbentuk tapi turut mendukung infrastruktur keras lainnya, contohnya : Pasokan energi, ketersediaan air bersih, pasokan listrik, telepon, internet.

Kemudian infrastruktur lunak meliputi lembaga lembaga pemerintahan dan kerangka institusional seperti kepolisian untuk menjaga ketertiban masyarakat, pelayanan kantor pos, kantor camat serta kantor lurah untuk pelayanan masyarakat dan masih banyak contoh lainnya.

Jadi bila kita lihat pentingnya infrastruktur infrastruktur yang di sebutkan di atas tadi, maka pantaslah kalau pemerintah fokus membangun infrastruktur di seluruh Indonesia Karena akan berdampak bagi kemajuan ekonomi baik jangka menengah maupun jangka panjang.

Apa lagi boleh di katakan infrastruktur keras kita sangat jauh tertinggal dari negara negara tetangga yang wilayahnya lebih kecil dari wilayah Indonesia ini.

Memang kita akui,untuk membangun infrastruktur ini kadang kita harus pinjam uang ke luar negeri atau mengundang investor asing karena kurangnya dana segar yang di butuhkan.

Tapi di ibaratkan kalau kita buka pabrik atau buka kios untuk usaha,tentu ketika kita tidak punya uang untuk buka pabrik atau buka kios, pasti kita akan pinjam uang untuk membuka usaha itu.Dan ketika pabrik atau kios nya sudah jalan,maka dari keuntungan usaha itulah kita membayar hutang hutang untuk buka usaha tadi.

Kalaupun kita mengundang investor asing,ya setidaknya akan menciptakan lapangan pekerjaan,memudahkan pelayanan publik dan pajak dari industri tersebut. Bagi kita orang biasa, mungkin Kita bisa ikut menabung saham yang bisa dari nabung 100 ribu perbulan, karena uang tadi akan di investasi kan sebagian ke infrastruktur atau perusahaan nasional, dan kita akan mendapatkan deviden nya bila industri nya sudah mulai menghasilkan.

Menurut perhitungan dari para ahli, Indonesia butuh 5000 Trilyun untuk membangun infrastruktur.

Begitu pentingnya infrastuktur dan banyak manfaatnya bagi masyarakat dan negara Indonesia ini,jadi jangan lagi kita banyak mengeluh atau menyalahkan bangsa lain.Mari kita jadi pelaku ekonomi atau investor bila kita tidak mau ekonomi kita di kuasai bangsa asing.(Rudi Zulkifli dari kalangan rakyat biasa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here