Babinsa Rangkul Petani Bantu Pemupukan Padi di Persawahan

0
127

ACEH TAMIANG, ketikberita.com | Babinsa Koramil 03/Seruway Kodim 0117/Aceh Tamiang Serda Arif Nurdani melaksanakan kegiatan membantu pemupukan padi milik Ibu Lasmi seluas 8 Rante kelompok tani ” Bangun Rejo” di Desa Sungai kuruk satu, Kecamatab Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (4/1/2019).

Kali ini Babinsa Koramil 03/Seruway Serda Arif Nurdani melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di lahan sawah milik Ibu Lasmi seluas 8 Rante kelompok tani ” Bangun Rejo” Desa Sungai kuruk satu, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, hal ini dilakukan semata-mata bukan hanya karena tugasnya sebagai Babinsa yang diperintahkan untuk mendampingi petani disetiap kegiatan pertanian akan tetapi Serda Arif Nurdani membantu Petani dengan penuh keikhlasan dan sekaligus mencari pengalaman dalam bidang pertanian khususnya PAJALAI (Padi, Jagung dan Kedelai) supaya nantinya bisa menjadi bekal setelah purna tugasnya sebagai TNI.

Di lahan seluas 8 Rante yang ditanami padi Jenis varietas Ciherang ini, kegiatan pemupukan dilakukan oleh Petani yang di Bantu oleh Babinsa sangatlah menjadikan suatu momen yang sangat luar biasa bagi petani dan menjadikan semangat bagi para petani dengan adanya Babinsa yang langsung turun ke lahan persawahan membantu Petani.

Di sela-sela kegiatan, Serda Arif Nurdani bersama dengan PPL menyampaikan kepada Petani, untuk memaksimalkan capaian produksi gabah saat panen nanti, diperlukan perawatan tanaman yang tepat dan benar, terlebih saat tanaman padi diserang hama atau penyakit, “Ungkapnya”.

“Termasuk pemupukan yang harus dilakukan saat tanaman padi berusia tujuh hari, dua puluh hari dan usia tiga puluh hari, dan penggunaan jenis pupuk, takaran atau dosis juga harus tepat, dalam hal ini perlu adanya konsultasi bersama PPL di setiap menjalankan pertaniannya, “Imbuhnya”.

Terpisah Danramil 03/Seruway Kapten Inf P. Siregar, mengatakan, pendampingan terhadap petani yang dilakukan para Babinsa sebagai bagian dari upaya khusus pendampingan pertanian yang digalakkan oleh pemerintah Indonesia.

Kegiatan pemupukan tanaman padi ini bertujuan untuk memaksimalkan capaian hasil panen, dengan adanya kenaikan produktifitas hasil panen maka pendapatan petani akan bertambah dan program swasembada pangan yang di galaksi oleh pemerintah akan terwujud, “tandasnya”.(ABS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here