Warga Dusun Amiruddin Gelar Pawai Obor Semarakkan Perayaan Maulid Nabi Muhammad

98

ACEH TIMUR Ketikberita.com | Subhanallah ini yang terucap dari penulis berita Media ini dan merinding saat menyaksikan begitu semarak dan antusiasnya masyarakat menggelar pawai obor.

Pawai Obor dimaksud dalam rangka merayakan hari kelahiran Nabi Besar Rasullullah Muhammad SAW 1443 H yang sering disebut masyarakat sebagai perayaan Maulid Nabi yang dirayakan setiap tahunnya.

Pawai yang pesertanya mencapai ratusan peserta tersebut dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Amiruddin Desa Tanoh Anou Kecamatan Idi Rayeuk pada Rabu malam (17/11/ 2021) bada Isya.

Tak pandang umur, terdiri dari remaja, dewasa sampai anak anak pun ikut merayakannya.

Dengan berjalan kaki, ratusan api obor bercahaya memambah terangnya jalan, mengitari jalur sepanjang dua dusun menggema suara takbir serta sholawat Nabi yang dikumandangkan oleh para Ustat bersama kepala desa setempat.

Sholawat serta takbir terus menggema sepanjang jalan sambil disaut peserta secara bergantian sehingga tampak nuansa kental Aceh serambi mekah yang dirindukan.

Namun sayang pemandangan demikian boleh dikata hampir langka dilakukan masyarakat di Kabupaten Aceh Timur saat ini.

Semarak pawai obor Maulid ini dilaksanakan menjelang kenduri Maulid Nabi yang akan dilaksanakan esok harinnya dimana kenduri Maulid nabi digelar diseluruh Dusun yang berjumlah 5 dusun dalam Desa Tanoh Anou.

Hal menarik lainnya amatan media, tampak betapa kompak dan bersatunya hubungan uhkuwah islamiah dikalangan masyarakat Desa Tanoh Anou khususnya di Dusun Amiruddin Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur.

Menurut informasi yang didapat Media ini bahwa pelaksanaan semarak pawai obor maulid ini diprakasai dan diinisiasi bersama yakni Kepala Desa yang baru terpilih Tgk.M. Adhar, Kepala Dusun Amiruddin Tgk. Aniruddin ,Majelis Pengajian Dusun Amiruddin, para Tengku Pimpinan Majelis Pengajian Dusun Amirudin serta Para pemuda dusun Amiruddin.

Salah seorang peserta pawai obor mengatakan bahwa pawai obor ini dilaksanakan untuk menunjukkan semangat serta semaraknya masyarakat di Dusun Amiruddin dalam merayakan maulid nabi.

“Kami berharap pawai obor yang kami lakukan ini menjadi contoh dan di ikuti oleh desa desa lain diseluruh Aceh timur sehingga nuansa perayaaan maulid nabi tampak meriah dan bersemangat. Jangan malahan hari lain yang kita meriahkan. Kalau kita cinta kepada nabi maka mari kita meriahkan maulid nabi”. Jelas salah seorang peserta dengan semangat.” (AA)