Tips dari Sequis Peringati Hari Kartini: Perempuan Indonesia Perlu Jaga Kesehatan & Miliki Asuransi Kesehatan

211

JAKARTA ketikberita.com | Perempuan Indonesia semakin besar perannya di ranah publik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemampuan multitasking atau bisa melakukan banyak hal pada perempuan dinilai sebagai kelebihan yang memampukannya berkarir sekaligus mengurus rumah tangga. Banyak juga yang mengurus rumah tangga dan tetap aktif berkarya di berbagai organisasi atau kegiatan sosial. Ada juga yang merintis usaha industri rumah tangga.

Produktivitas perempuan yang semakin meningkat ini sejalan dengan cita-cita ibu Kartini agar perempuan Indonesia berkesempatan mengembangkan potensi diri sesuai pilihannya sendiri. Hal ini mensyaratkan perempuan harus memiliki kesehatan fisik dan mental prima agar dapat menjalankan perannya dengan baik.

Demi mencapai cita-cita mulia ini Medical Underwriter Sequis dr Debora Aloina Ita Tarigan menyarankan agar perempuan Indonesia memberikan perhatian khusus soal kesehatan sebab pertambahan usia akan meningkatkan risiko sakit seiring menurunnya kemampuan fisik.

Menjaga kesehatan memerlukan upaya sehingga perlu dilatih dan dijadikan kebiasaan sejak perempuan berusia muda, seperti memperhatikan jenis dan porsi asupan makanan, rutin berolahraga, cukup istirahat serta rutin medical check up agar terhindar dari penyakit degeneratif.

“Asupan perlu mendapat perhatian karena ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kinerja organ tubuh, ada yang mencegah masalah kesehatan tertentu, dan mendukung penyembuhan. Tetapi, ada juga yang menjadi pencetus penyakit.

Jika memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes, hipertensi, asam urat, atau kolesterol maka harus dalam pengawasan dokter sehingga kita dapat mengetahui makanan mana yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari serta bisa segera mendapatkan pengobatan demi mencegah agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius,” sebut dr.Debora.

Mengenai olahraga, sangat baik jika rutin dilakukan oleh perempuan. Terutama olahraga yang dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan massa otot sebab massa otot akan berkurang seiring pertambahan usia dan metabolisme juga menjadi lebih lambat.

Dengan berolahraga akan membantu mempertahankan mobilitas sendi, tulang dan otot juga menjadi kuat bahkan meningkatkan fungsi paru serta fungsi jantung, keseimbangan dan koordinasi tubuh tetap terjaga. Dr. Debora juga mengatakan bahwa mereka yang rutin berolahraga sangat memungkinkan memiliki berat badan normal, tidak mudah terkena penyakit kritis, berkesempatan memiliki hidup yang berkualitas sebab lebih sedikit stres dan cemas.

Mengingat besarnya risiko sakit yang dapat terjadi pada perempuan tidak hanya disebabkan oleh penyakit degeneratif. Tetapi, dari proses kehamilan, melahirkan, faktor hormon pada perempuan bisa meningkatkan risiko penyakit kritis lainnya seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker ovarium, dan masalah hormon lainnya sehingga Regional Head of Agency Development Sequis, Fourrita Indah SSos. CFP, CEC, AEPP, QWP menyarankan agar perempuan Indonesia memiliki asuransi kesehatan.

“Kesehatan perempuan perlu dilindungi dengan asuransi kesehatan yang bagus karena pengobatan penyakit kritis membutuhkan biaya besar dan bisa berlangsung dalam jangka panjang sehingga perempuan Indonesia perlu melakukan antisipasi menjaga kestabilan keuangan keluarga melalui asuransi kesehatan dari kerugian ekonomi (loss of income) yang juga bisa berdampak ke masyarakat secara umum,” sebut Fourrita.

Fourrita berbagi tips menentukan produk asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan yang dapat dipertimbangkan oleh para perempuan Indonesia, yakni:

◢ Pahami dengan baik asuransi kesehatan yang ditawarkan

Sebelum membeli asuransi kesehatan, sebagai calon nasabah perlu betul-betul memahami penjelasan dari agen asuransi. Misalnya, apa saja manfaat yang ditawarkan, mana saja penyakit yang ditanggung dan tidak ditanggung (pengecualian), bagaimana proses klaim dan cara mengajukan klaim serta cara pembayaran premi.

◢ Pilih produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan

Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan besarnya risiko hidup. Bila orang tua atau keluarga memiliki riwayat penyakit kritis sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan dari penyakit kritis.

◢ Pastikan kemampuan finansial memungkinkan untuk membayar premi

Semakin banyak manfaat asuransi yang ditambahkan akan memengaruhi besaran biaya premi. Untuk itu, pastikan dahulu manfaat asuransi apa yang dibutuhkan kemudian pastikan juga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa berutang, dan Anda mampu menyisihkan dana secara konsisten untuk membayar premi setidaknya 10% dari penghasilan.

“Tidak perlu memaksakan memilih produk yang nantinya akan memberatkan keuangan keluarga. Nantinya, seiring meningkatnya pendapatan, perkiraan kebutuhan masa depan, dan tren kenaikan biaya rumah sakit maka Anda dapat meninjau kembali apakah perlu melakukan penyesuaian pada polis asuransi,” sebut Fourrita.

◢ Pilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang luas akan memudahkan nasabahnya menjangkau fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal, kantor, atau jika ia harus berada di luar kota. Adapun Sequis saat ini memiliki lebih dari 500 jaringan rumah sakit di Indonesia dan luar negeri.

◢ Perhatikan masa tunggu penyakit

Asuransi kesehatan biasanya memiliki persyaratan masa tunggu untuk beberapa penyakit tertentu. Ketahui dahulu apakah Anda memiliki penyakit bawaan, infokan kepada perusahaan asuransi sebelum Anda diproteksi agar mereka dapat mempertimbangkan risiko yang kita miliki karena hal ini berhubungan dengan daftar penyakit yang termasuk dalam masa tunggu agar tidak menjadi masalah di kemudian hari jika terkena risiko sakit atau saat mengajukan klaim.

◢ Sistem pembayaran klaim dengan cashless.

Pembayaran pengobatan di rumah sakit dengan sistem cashless akan memudahkan pasien dan keluarganya saat membutuhkan pengobatan di rumah sakit.Cukup menunjukkan kartu kepesertaan asuransi kesehatan lalu tagihan rumah sakit akan dialihkan ke pihak perusahaan asuransi selama pengobatan yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan polis.

◢ Jangan mudah tergiur dengan promosi asuransi

Saat browsing di internet akan ditemukan banyak promosi produk asuransi untuk menarik minat calon nasabah. Fourrita mengatakan bahwa membeli produk promosi boleh-boleh saja, tapi jangan sekadar tergiur hanya karena harga murah atau diskon.

“Hal terpenting dalam membeli produk asuransi adalah calon nasabah harus mempelajari dan memahami manfaat produk yang akan dibeli sebelum menandatangani Surat Permintaan Asuransi (SPA). Dalam pengisian SPA nasabah diharapkan menuliskan dengan jujur dan sesuai kenyataan serta memahaminya sebelum menandatanganinya,” sebut Fourrita.

Perempuan bisa berdaya dan membantu kesejahteraan keluarga jika memiliki kesehatan fisik dan finansial karena keduanya adalah modal untuk mengembangkan potensi diri pada masa depan. Mari terus menyuarakan kepada semua perempuan Indonesia untuk menjaga kesehatan dan berasuransi sebagai bentuk dukungan pada perjuangan emansipasi Ibu Kartini.

Sequis menyediakan sejumlah produk asuransi kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh perempuan Indonesia agar dapat merasa tenang saat beraktivitas dan berkarya karena kesehatan dan keuangan pada masa depan sudah terlindungi, seperti Sequis Q Infinite Medcare Rider Series (Plan X Booster dan Lite). Sequis juga menyediakan asuransi kesehatan yang dapat dibeli dengan cara online dengan premi terjangkau melalui Super You by Sequis Online, yakni Super Strong Protection, Sequis Super Easy Health, atau Super Care Protection. (red)

Artikulli paraprakDidampingi Cipayung Plus Kota Medan, Bobby Nasution Kembali Lepas 2.138 Pemudik
Artikulli tjetërPolres Tebing Tinggi Lakukan Tes Urine Bagi Pengemudi Bus Angkutan Umum Dalam Ops Toba Tahun 2023