Jelang Hari Idul Fitri Baitul Mal Salurkan Uang Megang 5 Milyar

319

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Menjelang hari raya Idul fitri 1443 H tahun 2022, Pemerintah Kota Langsa melalui lembaga dana umat Baitul Mal kembali menyalurkan uang megang kepada masyarakat Kota Langsa, bertempat di Gedung Cakra Donya Langsa Kota, Selasa (26/4/2022).

Penyerahan uang Megang tersebut masuk kedalam senif fakir dan miskin dengan jumlah penerima yaitu untuk kategori fakir sebanyak 1800 orang, sementara untuk senif miskin berjumlah sebanyak 4000 orang warga Kota Langsa.

Di karenakan Kepala Baitul Mal Kota Langsa Tgk. Alamsyah Abubakardin kondisinya dalam keadaan kurang sehat. Kata sambutan di gantikan oleh Dr.Safwan.

Ia menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya dan terbesar dalam penyaluran zakat.

Lanjut Safwan, pada tahun ini tahun 2022, pemasukan untuk dana infak sebesar 2,5 miliar begitu juga zakat sebesar 2,5 miliar, ujarnya.

Baitul Mal Kota Langsa juga menyalurkan Bantuan untuk fakir uzur, dalam perbulan Rp. 50 ribu, namun untuk penyalurannya diberikan per semester setiap tiga bulan sekali sebesar Rp.150 ribu.

Dan untuk Fakir cacat anggaran tersebut berasal dari Baitul mal Propinsi Aceh dengan jumlah anggaran Rp 132 juta untuk 132 orang penerima, jelas Safwan.

“Ia menambahkan, terima kasih banyak kepada Imam Gampong dan juga Pak Geuchik yang telah membantu memfasilitasi penyaluran zakat kepada masyarakat, di masing-masing tempat,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid, MM menyebutkan kami atas nama pemerintah Kota Langsa merasa senang, karena pada tahun ini dapat kita laksanakan lagi penyaluran zakat kepada masyarakat.

Sambung Marzuki, kami melihat diawal kepemimpinan kami, banyak masyarakat yang datang kekantor dinas, atau pun Istansi lainnya guna untuk mendapatkan uang megang.

Pada waktu itu kami juga sempat kewalahan menghadapi masyarakat yang datang sehingga, kami berupaya merubah kondisi itu dengan cara memprogramkan agar masyarakat dapat menerima uang megang setiap tahunnya selama kepemimpinan kami, “Alhamdulillah, hal tersebut berjalan hingga hari ini,”sebutnya.

Wakil Walikota juga berharap agar penyaluran bantuan megang ini dapat disalurkan sesuai amanah. Kami tidak mau lagi mendengar ada keluhan-keluhan dari masyarakat, tukasnya. (AA)