Tingkatkan Literasi Statistik, BPS Sumut Gelar Workshop Wartawan

256

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Tingkatkan literasi statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Workhop Wartawan di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Deli Serdang, Senin (16/10/2022).

Kepala BPS Provsu, Nurul Hasanudin, SST, M.Stat dalam kata sambutannya menngatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terjalinnya selama ini dalam menyebarluaskan kegiatan BPS termasuk data-data yang dihasilkan.

Ia menyebutkan, Literasi Statistik ini juga bukan hanya untuk para pegawai atau pekerja di BPS dan bukan hanya buat Wartawan tapi juga buat masyarakat. Karena katanya literasi ini menjadi indikator penting bagi kemajuan sebuah bangsa.

“Peranan Wartawan dalam pembangunan statistik adalah menyebarluaskan data, mengolah informasi sesuai fakta, mengedukasi publik,” jelasnya.

Dalam kesempatan workshop ini ia menyampaikan dua hal kegiatan besar BPS Provsu tentang pendataan awal registrasi sosial ekonomi yang sedang berjalan di masyarakat.

“Karena itu kita ingin masyarakat menerima petugas kami baik itu di Medan maupun di seluruh provinsi sumut untuk menerima petugas kami,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bagaimana persiapan sensus pertanian 2023. Dimana sebutnya bahwa daya tahan sebuah bangsa dalam menghadapi krisis dan merespon perubahan, sektor pertanian inilah kekuatannya.

Sehingga tegasnya data sensus pertanian ini menjadi bahan baku yang kuat jika ini bisa dibangun dengan menyeluruh, pasti data ini menjadi kekuatan keberlanjutan data tahan kedaulatan pangan tanah di tanah air

Menambahkan bahwa adapun dukungan terhadap kebijakan strategis pemerintah yaitu reformasi penyaluran subsidi pupuk, perbaikan data targeting, Perbaikan tata kelola basis data pertanian melalui, Pengendalian laju konversi lahan pertanian,khususnya sawah.

Kemudian rekrutmen petani milenial untuk mendorong regenerasi petani, Kesejahteraan petani dan kedaulatan pangan, Peningkatan kesejahteraan masyarakat petani kawasan hutan melalui Program Perhutanan Sosial, Modernisasi mekanisasi sektor pertanian melalui adopsi
modern dan digitalisasi pertanian.

Terakhir sebut Nurul, harapan kita semua agar semua informasi BPS sampai kepelosok negeri dan informasi BPS dapat menyentuh ke publik. (red)