Sebagai Upaya Mengurangi Sampah Di Kota Medan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Membuka Stand Bank Sampah di ajang Car Free Day

84

MEDAN ketikberita.com | Pemko Medan secara rutin setiap minggu pagi menggelar kegiatan Car Free Day yang dipusatkan di seputaran Lap. Merdeka Medan. Kegiatan ini menjadi wadah bagi masyarakat luas untuk meluangkan waktu berolahraga bersama dengan keluarga.

Animo masyarakat tampak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan Car Free Day ini salah satunya dengan melakukan senam bersama dan olahraga lain seperti jalan kaki, lari maupun bersepeda. Selain berolahraga, dalam kegiatan Car Free Day ini masyarakat juga dapat menjadi nasabah Bank Sampah, sebab secara rutin Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan membuka stand Bank Sampah dengan berkolaborasi bersama berbagai stakeholder.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Zulfansyah Ali Saputra saat ditemui dalam kegiatan Car Free Day, Minggu (28/8) mengatakan stand Bank Sampah ini secara rutin dibuka dalam setiap kegiatan Car Free Day. Untuk hari ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan berkolaborasi dengan PT. Coca Cola. Bagi masyarakat yang membawa sampah seperti botol plastik nantinya akan mendapatkan langsung produk minuman dari PT. Coca-Cola secara gratis.

“Tadi ada beberapa masyarakat yang membawa sampahnya kesini dan langsung ditukarkan dengan produk-produk Coca-Cola. Di Bank Sampah ini kita juga langsung memilah sampahnya sehingga lebih gampang untuk di daur ulang.”kata Zulfansyah Ali Saputra.

Dikatakan Zulfansyah Ali Saputra lagi Bank Sampah ini diadakan untuk mendukung program prioritas dari Wali Kota Medan Bobby Nasution di bidang kebersihan. Artinya dengan adanya Bank Sampah ini diharapkan sampah yang ada di masyarakat dapat di daur ulang sehingga tidak semuanya di buang ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

“Ini sebagai bentuk dukungan kita terhadap program Bapak Wali Kota Medan yang ingin menjadikan kota Medan ini bersih dari sampah, karena itu kita terus mengedukasi masyarakat dan berkolaborasi dengan pihak swasta untuk membuat Bank Sampah sehingga sampah yang ada dapat dipilah dan di daur ulang sehingga tidak sampai dibuang ke TPA.”ujar Zulfansyah Ali Saputra.

Ajang Car Free Day ini sendiri tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Kota Medan saja namun juga bagi para pendatang, salah satunya adalah Sandi. Menurutnya kegiatan Car Free Day di Kota Medan sangat menarik karena dikemas dengan berbagai kegiatan.

“Bagi saya pendatang ini sangat menghibur sekali, karena bisa memasyarakatkan olahraga dan bermanfaat bagi masyarakat.”kata Sandi. (er)