Ridho: KPPU Hadir Untuk Menciptakan Iklim yang Kondusif Dalam Dunia Usaha

119

LANGKAT (Sumut) ketikberita.com | KPPU bersama DPR Komisi VI mengadakan sosialisasi dengan tema kemitraan usaha kecil dengan usaha besar kepada para UMKM lokal yang diadakan di Gedung Stabat Seafood, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) baru-baru ini.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Guntur Syahputra Saragih sebagai anggota Komisioner KPPU, Rudi Hartono Bangun sebagai anggota DPR Komisi VI dan Ridho Pamungkas sebagai Kepala KPPU Kanwil I yang juga sebagai narasumber. Dalam sambutannya, Guntur menyampaikan Provinsi Sumatera Utara saat ini terkait dengan nilai makro sedang tidak baik serta tingkat persaingan juga rendah hal ini dilihat dari nilai price cost margin (PCM) yang tinggi.

”Walaupun PCM Provinsi Sumut tinggi tetapi indeks persaingan usaha mengalami kenaikan hal ini terlihat telah menurunnya Perkara Persaingan Usaha dari Provinsi Sumatera Utara tahun ini, ”ujarnya. Selanjutnya dalam paparannya, Ridho menyampaikan KPPU hadir untuk menciptakan iklim yang kondusif dalam dunia usaha khususnya kepada UMKM.

”KPPU akan selalu mengawasi pelaksanaan kemitraan yang di sana terdapat usaha kecil yang bermitra maupun bersaing dengan usaha besar, hal ini juga harus didukung keberpihakan pemerintah terhadap UMKM melalui Badan Legislatif yang membuat kebijakan berpihak pada UMKM, ”jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI, Rudi mengapresiasi adanya Lembaga seperti KPPU yang mendukung dan mengawasi UMKM sehingga nantinya usaha kecil dapat berkembang, mandiri dan tumbuh menjadi usaha besar. (r/red)