Program Layanan Keliling Dapat Perhatian Positif

38

MEDAN ketikberita.com | Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Robi Barus SE M.AP, memberikan perhatian positif atas upaya Pemko Medan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang telah melaksanakan program Layanan Keliling.

Robi menilai, layanan keliling Disdukcapil Medan tersebut merupakan program yang sangat baik karena terbukti mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses pengurusan sejumlah dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

“Dengan adanya layanan keliling Disdukcapil ini, Pemko Medan memberikan banyak pilihan kepada masyarakat. Masyarakat tidak lagi harus datang ke kantor Disdukcapil, Kecamatan, ataupun MPP (Mal Pelayanan Publik), tetapi masyarakat juga bisa datang ke layanan keliling Disdukcapil Medan. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah mengakses layanan adminduk yang dia butuhkan,” ucap Robi Barus kepada wartawan, Senin (5/3/2024).

Dikatakan Robi Barus, dengan adanya layanan adminuk keliling tersebut, Pemko Medan juga bisa mengubah paradigma negatif masyarakat, sekaligus meyakinkan masyarakat bahwa mengurus adminduk itu bukanlah hal yang sulit.

“Sebab sudah terbukti, tanpa bantuan calo atau perantara, masyarakat bisa mengurus adminduknya sendiri dengan mudah di layanan keliling Disdukcapil Kota Medan,” ujar politisi PDIP tersebut.

Untuk itu, Robi meminta Disdukcapil Kota Medan untuk semakin menggencarkan layanan keliling tersebut. Ia berharap, layanan keliling Disdukcapil Medan dapat terus dilakukan setiap saat di titik-titik yang berbeda setiap minggunya.

Hal ini dilakukan agar setiap warga Kota Medan di setiap wilayah yang berbeda dapat merasakan manfaat dari program layanan keliling tersebut.

“Misalnya kemarin selama satu pekan digelar di Pos Bloc. Kita berharap di minggu ini Layanan Keliling Disdukcapil Medan bisa digelar di tempat yang berbeda, misalnya saja di Medan Utara yang posisinya jauh dari kantor Disdukcapil Medan ataupun MPP Kota Medan. Dengan begitu, semua warga Kota Medan bisa merasakan manfaat dari Layanan Keliling Disdukcapil ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Disdukcapil Medan membuka layanan keliling sebagai upaya untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Terakhir, layanan keliling dengan menggunakan mobil ini dilakukan Disdukcapil Kota Medan di pusat kota, tepatnya di depan Pos Bloc.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Medan, Baginda P Siregar, mengatakan sejak layanan keliling dibuka dari awal bulan Februari selama enam hari, antusias masyarakat dalam memanfaatkan layanan keliling Disdukcapil tersebut terbilang cukup tinggi.

Menurut Baginda, berbagai Pelayanan Adminduk dapat dilakukan dalam layanan keliling tersebut. Layanan keliling di Pos Bloc tersebut pun cukup mendapatkan antusias masyarakat. Selama layanan keliling itu dibuka di Pos Bloc, tercatat ada sebanyak 309 pengurusan adminduk yang telah dilayani petugas. (red)