Potensi SDA Tak Tergarap Maksimal, Ketua DPRK Aceh Tamiang Harap Support Pemerintah Pusat

195

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang, Suprianto mengatakan potensi sumber daya alam yang dimiliki kabupaten itu sangat memadai.

“Secara kasat mata Kabupaten Aceh Tamiang merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam, khususnya di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan kelautan,” katanya dalam pertemuan dengan anggota Komisi IV DPR RI, Jumat (27/12/2019)

Namun, sambungnya, kekayaan yang dimiliki itu tak akan berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian rakyat, jika tidak ada dukungan dari pemerintah pusat.

Suprianto menyebutkan, salah satu potensi yang dimiliki Aceh Tamiang yaitu luas sawah yang ada saat ini mencapai 9.089 hektar.

“Akan tetapi hingga saat ini masih sawah tadah hujan,” katanya.

Hal ini menandakan bahwa masih minimnya fasilitas pendukung, bahkan tata kelola di bidang pertanian itu pun saat ini belum berjalan secara maksimal. Salah satu faktor penghambat adalah anggaran yang dimiliki pemerintah daerah sangat terbatas.

Selain itu, di sektor perikanan Aceh Tamiang juga memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

Lagi-lagi, imbuh Suprianto, kembali terkendala finansial yang pada akhirnya menghambat para nelayan, karena minimnya fasilitas yang dimiliki.

“Para nelayan sangat membutuhkan perhatian, seperti pembangunan dermaga kapal nelayan dan cold storage(ruangan pendingin),” katanya.

Untuk itu, kata dia, dengan kehadiran anggota Komisi IV DPR RI hendaknya dapat memberikan saran guna pembangunan dan peningkatan ekonomi rakyat di kabupaten tersebut.

“Kami berharap melalui reses ini, dapat memberikan harapan dan kontribusi untuk membangun Kabupaten Aceh Tamiang menjadi lebih baik. Serta dapat menjadi jembatan kami ke pemerintah pusat nantinya,” ujarnya.(ABS)