Pemkab Nias Sebagai Kabupaten Terbaik VII Se-Sumut

28

MEDAN (Sumut) Ketikberita.com | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara gelar Musrenbang RPJPD 2025 dan RKPD 2025, bertempat di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Jum’at (08/03/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Kepala Dinas PKP2LH Kabupaten Nias, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Nias.

Musrenbang kali ini bertujuan untuk menyelaraskan visi RPJPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yakni Sumatera Utara Unggul, Maju dan Berkelanjutan.

Sehingga, untuk mewujudkan visi tersebut, tentunya Provinsi Sumatera Utara menyusun agenda misi dengan melakukan transformasi dalam beberapa bidang, antara lain: Sosial, Ekonomi, Tata Kelola Pemerintahan, Supremasi Hukum, Ketahanan Sosial Budaya, Pemerataan Pembangunan, Sarana dan Prasarana serta Pembangunan Yang Berkesinambungan.

Dalam arahan Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyampaikan bahwa Musrenbang adalah wadah untuk menyamakan pemahaman arah pembangunan dengan menyesuaikan potensi, kekhasan dan kebutuhan daerah masing-masing.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat membawa kesepahaman seluruh stakeholder mengenai arah pembangunan yang akan dilakukan. Pembangunan Sumut tidak akan terwujud tanpa sinergi seluruh pemangku kebijakan” Terangnya.

Masih dalam kegiatan yang sama, Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memberikan Penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang terdiri dari Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Utara dengan Nilai “Baik”, Penghargaan Perwakilan Mitra Corporate Social Responsibility (CSR) Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Nias terima penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik VII se-Sumatera Utara atas Realisasi Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin kepada Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md. Berikut 10 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan, yakni:

1. Kabupaten Asahan
2. Kabupaten Tapanuli Utara
3. Kota Tanjung Balai
4. Kabupaten Padang Lawas Utara
5. Kabupaten Tapanuli Selatan
6. Kota Padang Sidimpuan
7. Kabupaten Nias
8. Kabupaten Serdang Bedagai
9. Kabupaten Humbang Hasundutan
10. Kabupaten Simalungun

Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk membangun daerah.

“Terima kasih usaha dan kerja keras seluruh stakeholder dalam mewujudkan Sumatera Utara yang sejahtera melalui pembangunan” ucapnya.

Ia mengajak seluruh pihak untuk menuntaskan seluruh permasalahan di Sumatera Utara, termasuk penurunan angka stunting yang ditargetkan menjadi 14% di tahun 2024 ini. Sumber: Kominfo Kabupaten Nias. (Wardi)