Pemkab Nias Gelar Perayaan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023 di UPTD Puskesmas Botombawo

65

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Kesehatan P2KB gelar Perayaan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023 di UPTD Puskesmas Botombawo (22 November 2023).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan P2KB, Selekta Etika Gulo, SST melaporkan bahwa maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat, mendorong program kemitraan antara untuk mendukung transformasi Kesehatan, mendorong promosi gaya hidup sehat melalui upaya promotif dan preventif serta meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan.

Adapun tema yang diusung pada Perayaan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023 yaitu “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”. Transformasi Kesehatan merupakan suatu upaya untuk mengubah system Kesehatan yang sudah ada agar dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan Kesehatan.

Dalam arahan dan bimbingannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengatakan bahwa tujuan transformasi Kesehatan ini yaitu menjamin ketersediaan dan kemudahan pelayanan Kesehatan yang berkualitas berupa pemerataan pelayanan yang mudah diakses, terpenuhinya hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan yang memadai.
“Transformasi Kesehatan beranjak pada 6 (enam) pilar yakni: transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan Kesehatan, pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan dan teknologi Kesehatan” ujarnya.

Ia menambahkan, upaya mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, meningkatkan pendapatan dan daya beli akan mampu menggerakkan roda perekonomian yang mewujudkan Indonesia menjadi lebih baik.

Mengakhiri arahannya, Bupati Nias menegaskan untuk menjadikan momentum Peringatan Hari Kesehatan Nasional sebagai batu loncatan untuk mewujudkan transformasi Kesehatan.

“Tingkatkan produktivitas kerja dan sinergitas untuk mewujudkan pelayanan Kesehatan yang baik dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Mari bergandengantangan mewujudkan Kabupaten Nias yang maju melalui pengabdian terbaik kita” tutup Bupati Nias mengakhiri arahannya.

Pada Perayaan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023 di UPTD Puskesmas Botombawo juga dilaksanakan Pemberian Piagam Penghargaan Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan Tingkat Kabupaten Nias, Penyerahan secara simbolis Peningkatan Gizi Balita, Remaja Putri, Bumil dan Lansia, Senam Bersama, Skrining Kesehatan dan Aksi Donor Darah. (Wardiy)