Pemkab Nias Barat Serahkan Hewan Qurban 5 ekor Sapi Kepada Umat Muslim

105

NIAS BARAT (Sumut) Ketikberita.com | Jelang hari raya Idul Adha 1444 H/2023 M, Pemerintah Kabupaten Nias Barat menyerahkan hewan Qurban 5 ekor sapi kepada umat muslim di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Selain penyerahan 5 ekor bantuan hewan qurban dari pemerintah Kabupaten Nias Barat, pada saat itu juga diserahkan 1 ekor hewan qurban dari kelurga Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu bersama Istrinya, Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu.

Penyerahan hewan qurban tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Sozisokhi Hia, SH., M.M., kepada umat muslim di wilayah Kabupaten Nias Barat yang diterima langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Nias Barat, Lukman Hakim Zebua, di halaman Kantor Camat Sirombu, Selasa (27/06/2023).

Sebelum menyerahkan hewan qurban, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat dalam sambutannya, mengatakan bantuan berupa hewan kurban kepada umat Muslim yang merayakan Idul Adha merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat dan sebagai bentuk pengikat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Selain itu, melalui penyerahan bantuan hewan qurban tersebut diharapkan dapat meningkatkan keimanan kualitas iman umat Muslim khususnya yang ada di Nias Barat.

“Melalui perayaan Idul Adha ini, mari kita pupuk kebersamaan antar sesama umat dan pemeluk agama dengan harapan keimanan dan semangat berbagi kepada sesama semakin meningkat,” ucap Sekda Sozisokhi Hia melalui sambutannya.

Lebih lanjut Sekda Nias Barat mengajak umat Muslim agar memaknai perayaan Idul Adha ini sebagai momentum untuk intropeksi diri merefleksikan kembali peristiwa penyembelihan Nabi Ismail, putra Nabi Ibrahim, untuk menguji sejauh mana ketaqwaannya kepada Tuhan.

Melalui peristiwa tersebut, lanjutnya, kita dapat mengambil hikmah bahwa setiap manusia hendaklah rela berqorban, baik dengan harta benda atau hal-hal lain untuk kepentingan bangsa, negara dan daerah kita.

Iapun mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444/Hijriah kepada umat Mislim di Nias Barat dan berharap bantuan hewan qurban dari pemerintah Kabupaten Nias Barat dapat disalurkan kepada seluruh umat muslim dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Sementara itu, Lukman Hakim Zebua, Ketua MUI Kabupaten Nias Barat, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Nias Barat yang telah memberikan bantuan hewan kurban kepada umat Muslim di Kabupaten Nias Barat.

Lebih lanjut Ia mengatakan, daging kurban yang telah diserahkan oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat akan disalurkan kepada seluruh umat Muslim yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Nias Barat.

Turut hadir pada acara tersebut pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Nias Barat, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Nias Barat, mewakili Kantor Kemenag Kabupaten Nias Barat, Camat Sirombu, Kapolsek Sirombu, Danramil 09/Sirombu, Ketua MUI Kabupaten Nias Barat, para tokoh Muslim dan tamu serta undangan lainnya. (wardiy)