Pemkab Nias Barat Luncurkan Program PMT Bagi Bayi dan Balita Guna Cukupi Kebutuhan Gizi Anak

197

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Nias Barat meluncurkan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi bayi dan balita stunting guna mencukupi kebutuhan gizi anak agar mencapai berat badan dan tinggi badan sesuai usianya.

Launching atau peluncuran program PMT dimaksud, dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Barat selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Nias Barat di Desa Onolimbu Raya Kecamatan Mandrehe Barat, Selasa (5/9/2023).

Pada kesempatan itu, Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., M.M mengatakan bahwa peluncuran program PMT bagi anak dan balita merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam upaya menurunkan angka stunting secara terukur dan tepat sasaran.

Ia berharap agar program PMT bagi anak dan balita stunting dilakukan secara terintegrasi oleh pemerintah Kabupaten, pemerintah Kecamatan dan Desa dengan melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas agar makanan yang dikonsumsi berkhasiat bagi bayi dan balita.

“Agar PMT ini dilaksanakan secara terintegrasi dan tepat sasaran, pemilihan menu makanannya bervariasi dan menggunakan bahan pangan lokal serta melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas,” ujar Sekda Sozisokhi Hia.

Selanjutnya, Sekda Nias Barat mengharapkan kiranya peluncuran program PMT yang baru saja dilakukan, dapat diikuti oleh desa-desa lainnya dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Nias Barat bertanggungjawab untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaannya sehingga pada tahun 2024 angka stunting di Kabupaten Nias Barat dapat ditekan pada angka 14 persen.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap angka stunting di Kabupaten Nias Barat dapat turun drastis sehingga kita dapat mencapai target penurunan stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024 mendatang,” ungkapnya. (Wardiy)