Pemkab Asahan Gelar Upacara HKN dan Berikan Pemali Kasih Kepada ASN yang Masuk Masa Pensiun

118

ASAHAN (Sumut) ketikberita.com | Sebanyak 25 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Asahan yang memasuki masa pensiun menerima penali kasih dari Pemkab Asahan.

Penali kasih ini diserahkan oleh PJ Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan, Drs. Jhon Hardi Nasution saat menggelar Upaca Hari Kesadaran Nasional (HKN) di halaman Kantor Bupati Asahan, Rabu (17/2/2021).

Dari masing-masing 25 ASN tersebut menerima uang sebanyak 1 Juta Rupiah. Selian itu, Pemkab Asahan juga memberikan uang duka cita sebanyak 5 Juta Rupiah kepada anggota korpri yang meninggal dunia, diserahkan kepada ahli waris.

Saat upacara berlangsung, Sekdakab Asahan, Drs. Jhon Hardi Nasution, MSi selaku pembina upacara menghimbau kepada seluruh Apatarur Sipil Negara untuk senantiasa meningkatkan disiplin. “Seluruh ASN harus disiplin. ASN di Asahan adalah pelayan masyarakat,” tuturnya.

Jhon Hardi juga menyampaikan harapannya kepada ASN untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di semua tingkatan. “ASN harus berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujarnya

Dikesempatan itu, Sekretaris Daerah juga menyaksikan penandatanganan kerjasama antara DPK Korpri Kabupaten Asahan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, kerjasama antara DPK Korpri Kabupaten Asahan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan.

Asisten Deputi Direktur BPJS Wilayah Sumatera Utara Rasidin Nasution menjelaskan bahwa kerjasama yang ditandatangani antara DPK Korpri Kabupaten Asahan dengan BPJS Ketenagakerjaan pada hari ini dimaksudkan untuk meningkatkan santunan kematian yang diberikan oleh DPK Korpri kepada ahli waris anggota Korpri aktif yang meninggal dunia.

Rasidin juga menyampaikan bahwa setelah adanya Kerjasama antara DPK Korpri Kabupaten Asahan dengan BPJS Ketenagakerjaan, maka anggota Korpri aktif yang meninggal dunia semula menerima santunan sebesar 5 Juta Rupiah, maka nantinya akan menerima 42 Juta Rupiah.

“Bahkan apabila telah menjadi peserta selama tiga tahun, ahli waris juga akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu beasiswa kepada dua orang anak sampai lulus kuliah,” katanya.

Sementara untuk kerjasama antara DPK Korpri dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan, Ketua DPK Korpri Kabuoaten Asahan, Azmi Ismail menjelaskan hal ini dimaksudkan untuk percepatan proses penerbitan akte kematian dan Kartu Keluarga bagi Anggota Korpri Kabupaten Asahan yang telah meninggal dunia.

Upaca ini juga diikuti oleh para Asisten, OPD, Para Pejabat Struktural Pemerintah Kabupaten Asahan, Camat Kisaran Barat dan Camat Kisaran Timur. Kemudian, upacara ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid19. (Tim)