Pemkab Aceh Tamiang Jalin Kerjasama Dengan Korea Selatan Bangun PLTS

45

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Guna mendukung Program Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kelistrikan seluruh wilayah pedesaan dan daerah terpencil, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang turut berkontribusi menjalin kerjasama dengan 2 (dua) perusahaan besar asal Korea Selatan masing-masing The Zona Co.Ltd dan Enersolar Co.L.td dibidang energi terbarukan solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Jalinan kerjasama tersebut disahkan melalui agenda Penandatangan Nota Kesepahaman bersama (Mou) antara Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn dengan perwakilan 2 (dua) perusahaan tersebut bertempat di ruang kerja Bupati, Jum’at (04/12/2020).

Dalam nota kesepahaman tersebut, Pemkab Aceh Tamiang akan menyediakan lahan untuk lokasi proyek ini, selanjutnya kepada dua belah pihak mempersiapkan Master Plan dan teknis pelaksanaan dalam rangka pembangunan, pengoperasian, dan proses produksi mengolah energi surya menjadi listrik.

Nantinya, jaringan yang akan dibangun tahap awal sebesar 5 Mega Watt diharapkan bisa menjangkau wilayah pedalaman Aceh Tamiang yang tidak berlistrik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mursil mengucapkan terima kasih banyak atas program Pemerintah Indonesia ini.

“Saya berharap Kedepan setelah kita bangun MoU dan rekomendasi ini bisa segera direalisasikan karena kita sangat membutuhkan energi terbaru ini yang bisa membantu masyarakat kita,” harapnya.

“Kita juga berharap semoga 5 Mega Watt yang akan dibangun dapat menjadi sesuatu yang membanggakan kami. Selain pembangunan jaringan ini, semoga Kedepan ada lagi pembangunan-pembangunan berikutnya. Untuk kondisi di Aceh Tamiang memang lebih tepat membangun yang kecil-kecil dari pada besar tapi disatu tempat. Mungkin dengan 5 Mega ini bisa dibangun dibeberapa daerah, sehingga bisa dilakukan pemetaan jaringan listrik yang bertenaga Surya ini,” lanjut Bupati Mursil.

Dalam pada itu, Hamdani yang merupakan perwakilan dari perusahaan menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengikuti seluruh aturan baik itu dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Aceh Tamiang. Dukungan dari Pemerintah Aceh Tamiang merupakan hal sangat penting untuk bisa kita laksanakan pembangunan listrik tenaga Surya ini.

“Terkait rekomendasi dan surat menyurat dengan badan terkait, tentunya dukungan dari Bupati sangat diharapkan,” Ujarnya. (ABS)