Pembukaan MTQH ke XVII Tingkat Kab. Sergai Wujudkan Masyarakat Qur’ani yang Mandiri Sejahtera dan Religius

196

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya secara resmi membuka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) ke XVII Tingkat Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2021 di halaman Masjid Agung Serdang Bedagai, Sabtu (13/3/2021).

Turut hadir Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Wakil Ketua DPRD Siswanto, Sekdakab Faisal Hasrimy, Ketua Tim Penggerak PKK Rosmaida Saragih, Wakil Ketua Aini Zetara Siregar, Wakil Ketua Uke Retno, Ketua MUI Sergai, Kakankemenag Sergai, Forkopimda, FKUB, Pimpinan OPD, Tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta para hakim MTQH dan seluruh peserta.

Pembukaan MTQH ke XVII Tingkat Kabupaten Sergai ini ditandai dengan pemukulan beduk dan penyerahan piala bergilir dari Plt Camat Perbaungan kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai dan diserahkan kembali ke Sekdakab sebagai Ketua Umum Panitia.

Dalam sambutannya Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya mengatakan penyelenggaran MTQH ke XVII tingkat Kabupaten Serdang Bedagai ini merupa kan pertama kali dilakukan di Masjid Agung Serdang Bedagai akibat pandemi Covid19 yang melanda.

“Kita hanya menghadirkan dewan hakim dan peserta saja karena pandemi Covid19 ini. Tidak menghadirkan masyarakat banyak. Kita patut berterima kasih dengan Bupati terdahulu karena bersama-sama membangun Masjid dan miniatur Kabah ini,”ungkapnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan hubung an dan keharmonisan masyarakat lebih baik sesuai dengan tema MTQH ke XVII yakni menjadikan masyarakat Qurani yang Mandiri, Sejahtera dan Religius.

“Ditahun ini, saya yakin akan ada putra/ putri kita yang menjadi pemenang di tingkat provinsi, saya dan pak Wakil Bupati akan menghadiahinya Umrah gratis. Itu dilakukan sebagai upaya memotivasi para peserta MTQH kabupaten Serdang Bedagai,”tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesejah teraan Rakyat Setdakab Sergai Nina Deliana dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan MTQH ke XVII tingkat Kabupaten Serdang Bedagai ini diharapkan mampu mening katkan pemahaman dan pengamalan Al-Quran bagi seluruh masyarakat Serdang Bedagai, serta mengembangkan seni budaya Islami kepada Allah SWT.

“Dengan tema mewujudkan masyarakat Qurani yang mandiri sejahtera dan religius. Pelaksanaan MTQH ini diikuti oleh 547 peserta dan official dari 17 Kecamatan. Dengan 9 cabang yang diperlombakan diantaranya cabang seni baca Al-Quran, cabang Qiraat, Hafalan, Tafsir, seni kaligrafi, hafalan Hadist, cabang Fahm, Syarh dan karya tulis ilmiah Al-Quran,”jelasnya.

Jumlah peserta yang ikut terdiri dari Kecamatan Pantai Cermin 39 peserta, Perbaungan 45 peserta, Teluk Mengkudu 23 peserta, Sei Rampah 41 Peserta, Tanjung Beringin 31 peserta, Tebing Tinggi 38 peserta, Bandar Khalifah 33 peserta, Dolok Merawan 19 peserta, Dolok Masihul 51 peserta, Sipispis 19 peserta, Kotarih 25 peserta, Bintang Bayu 41 peserta, Silinda 25 peserta, Serba Jadi 22 peserta, Pegajahan 40 peserta, Sei Bamban 39 peserta dan Kecamatan Tebing Syahbandar 33 peserta.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto mengatakan atas nama lembaga perwakilan rakyat, pihaknya menyambut baik atas terlaksananya MTQH ini. MTQH ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan umat Islam yang Qurani dan memperteguh keimanan kepada Allah SWT.

“Diharapkan MTQH ini benar-benar dijadi kan filter dan pengembangan penge tahuan ilmu yang selaras dengan Al-Quran, sumber kehidupan yang benar dan menjadi filter mana yang baik dan yang buruk,”ujarnya.

Iapun mengajak agar masyarakat menjadikan MTQH ke XVII tingkat Kabupaten Serdang Bedagai ini menjadi pondasi masyarakat, senantiasa mening katkan peradaban dan perubahan pola fikir yang maju dan terbuka.

“MTQH ini diharapkan memperkuat Ukhuwah Islamiah dan ajang syiar agama Islam. Saya mengajak masya rakat bersinergi dan mendukung mensuk seskan MTQ ini dan menjaga kerukunan antar umnat beragama.Membentuk anak-anak yang berjiwa Qurani,” tandasnya.(AfGans)